Breaking News

Satgas Damai Cartenz Tewaskan Dua Anggota KKB di Mimika

"AKBP Bayu Suseno, Kepala Satgas Humas Damai Cartenz"

D'On, Papua,-
Operasi Damai Cartenz, Satgas Amole, dan Satgas Nanggala bekerja sama dalam sebuah operasi penegakan hukum yang menegangkan di wilayah Mimika, Papua. Pada Kamis (4/4/2024) sekitar pukul 15.00 WIT, dua anggota kelompok separatis bersenjata (KKB) yang diduga Abubakar Kogoya (ABK) dan Demianus Magay (DM) tewas dalam kontak senjata dengan satuan tugas.

Menurut keterangan resmi dari Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno, kedua anggota KKB tewas setelah berlangsungnya tindakan penegakan hukum di sekitar Kali Kabur, Mile 69 Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Tim operasi tidak hanya berhasil menumpas kedua anggota KKB, tetapi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa senjata api laras pendek jenis Sig Sauer beserta 1 magazen dan amunisinya.

Penting untuk dicatat bahwa tindakan penegakan hukum ini bukan hanya sekadar tindakan biasa, tetapi merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz-2024 dalam menjaga keamanan di wilayah Papua. Menurut Bayu, penegakan hukum terhadap KKB ini menegaskan komitmen aparat keamanan untuk melindungi masyarakat dari ancaman separatisme dan kekerasan.

Lebih lanjut, Bayu menyampaikan bahwa kedua jenazah anggota KKB sedang dievakuasi dari tempat kejadian untuk diamankan dan kemudian diidentifikasi secara rinci. Evakuasi dilakukan menuju Timika, di mana kedua jenazah akan diproses sesuai prosedur yang berlaku.

Dengan operasi ini, Satgas Damai Cartenz-2024 kembali menunjukkan keberhasilannya dalam menindak kelompok bersenjata yang mengganggu kedamaian di Papua. Respons cepat dan tindakan tegas yang dilakukan oleh satuan tugas ini menegaskan bahwa keamanan dan kedamaian masyarakat Papua tetap menjadi prioritas utama pemerintah.

(*)

#KKB #Peristiwa #SatgasDamaiCartenz

No comments