Breaking News

RSUD dr Rasidin Dicanangkan Menjadi Rumah Sakit Tanggap Bencana oleh BNPB

Walikota Padang Hendri Septa 

D'On, Padang (Sumbar),-;
Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menegaskan keinginan untuk menjadikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rasidin di Padang sebagai pusat tanggap bencana. Hal ini diungkapkan oleh Wali Kota Padang, Hendri Septa, dalam acara Halalbihalal yang diselenggarakan di RSUD tersebut, Sabtu (27/4/2024).

"Ada keinginan dari BNPB untuk bisa menjadikan RSUD ini sebagai rumah sakit siap siaga tanggap bencana," ucapnya di depan seluruh pegawai di rumah sakit daerah itu.

Menurut Hendri Septa, BNPB menyuarakan keinginan tersebut saat peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024. Ia berharap RSUD dr Rasidin dapat menjadi salah satu pelopor dalam implementasi konsep rumah sakit tanggap bencana di Indonesia.

Keinginan ini muncul karena RSUD dr Rasidin memiliki beberapa keunggulan yang mendukung peranannya sebagai rumah sakit tanggap bencana. Selain memiliki bangunan yang tinggi dan aman dari potensi tsunami, lokasinya yang terletak di zona hijau tsunami menjadi nilai tambah yang signifikan.

Wali Kota Padang mengungkapkan harapannya agar keinginan BNPB ini dapat ditindaklanjuti dengan baik oleh pihak terkait. Dengan demikian, RSUD dr Rasidin diharapkan dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan yang siap memberikan respons cepat dan efektif dalam menghadapi berbagai jenis bencana alam.

"Mudah-mudahan dapat ditindaklanjuti dengan baik, dan kita terus berharap RSUD bisa menjadi salah satu pioneer rumah sakit tanggap bencana yang ada di Indonesia," harap Wako.

Langkah ini merupakan sebuah terobosan yang sangat penting dalam upaya memperkuat infrastruktur kesehatan di Indonesia, terutama di daerah rawan bencana seperti Padang. Dengan adanya rumah sakit tanggap bencana seperti RSUD dr Rasidin, diharapkan dapat mengurangi dampak negatif dari bencana serta menyelamatkan lebih banyak nyawa dalam situasi darurat.

(*)

#RSUDRasidin #Padang #SiagaBencana

No comments