Breaking News

Peringatan Kesiapsiagaan Bencana Nasional di Kota Padang: Simulasi Gempa dan Tsunami

Walikota Padang Hendri Septa 

D'On, Padang (Sumbar),-
Kota Padang, yang terletak di zona rawan gempa dan tsunami, bersiap menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 dengan serangkaian kegiatan yang menegaskan kesiapsiagaan dan kesigapan warga menghadapi ancaman bencana alam. Pada tanggal 26 April 2024, Kota Padang akan menjadi pusat pelaksanaan acara penting ini.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, dengan tegas menegaskan komitmennya untuk memastikan bahwa infrastruktur kesiapsiagaan, termasuk shelter dan sistem peringatan dini seperti sirine, berfungsi dengan optimal. "Di peringatan HKBN nanti kita juga memastikan shelter, sirine, dan lainnya berfungsi dengan baik," ungkapnya.

Salah satu momen penting dalam peringatan HKBN ini adalah simulasi gempa dan tsunami yang akan digelar pada pagi hari Jumat. Sirine akan dibunyikan secara serentak pada pukul 10.00 WIB sebagai sinyal peringatan bagi masyarakat. Hendri Zulviton dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menjelaskan bahwa simulasi ini bertujuan untuk melatih dan mempersiapkan warga menghadapi situasi darurat. "Masyarakat diarahkan ke tempat evakuasi sementara, seperti di SMPN 25, SMPN 7, SMAN 1, serta ke save zone di Sawahan dan Pasar Alai," tambahnya.

Selain simulasi gempa dan tsunami, kegiatan HKBN 2024 juga akan dipusatkan di Gedung Youth Center, Padang. Salah satu inisiatif yang dihadirkan oleh Kota Padang adalah pengenalan Blue Line Tsunami Safe Zone, yang menandai area aman dari ancaman tsunami. Ini adalah langkah proaktif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bahaya bencana alam.

Tidak hanya itu, acara ini juga akan menyajikan berbagai kegiatan edukatif dan interaktif, seperti workshop dengan masyarakat pesisir, pelatihan dengan BPBD dan pemadam kebakaran, serta pertunjukan musik untuk mengedukasi dan melibatkan masyarakat dalam upaya pencegahan dan mitigasi bencana.

Dengan komitmen yang kuat dari pemerintah setempat dan partisipasi aktif dari masyarakat, Kota Padang menunjukkan tekadnya untuk menjadi lebih tangguh dan siap menghadapi bencana alam, menjadikan peringatan HKBN 2024 sebagai momentum penting dalam membangun kesadaran dan kesiapsiagaan bersama.

(Mond)

#HKBN2024 #Padang

No comments