Breaking News

Padang Sambut HKBN 2024: Penanaman 100 Bibit Pohon dan Simulasi Evakuasi Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana

Ilustrasi 

D'On, Padang (Sumbar),-
Di tengah persiapan untuk peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2024, Kota Padang telah menetapkan dirinya sebagai tuan rumah acara yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 April 2024. Dalam rangka menyambut peristiwa penting ini, Kota Padang telah mengambil langkah unik dengan menanam ratusan bibit pohon di sepanjang pesisir Pantai Padang.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani, rencana penanaman 100 bibit Ketapang dan Cemara Laut di kawasan Pantai Cimpago menjadi salah satu sorotan utama acara ini. Bibit-bibit ini akan ditanam secara serentak oleh perwakilan dari berbagai daerah peserta yang hadir dalam peringatan HKBN.

Tindakan ini bukan hanya sekadar simbolis. Dalam wawancara dengan Yoice, ia menegaskan bahwa persiapan telah dilakukan dengan matang, dan bibit-bibit itu telah dipersiapkan dengan baik untuk penanaman. Ini menandakan komitmen serius Kota Padang dalam upaya pelestarian lingkungan dan peningkatan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Menariknya, di peringatan HKBN ini ratusan tanaman ditanam di sepanjang pesisir Pantai Padang. Hal itu diakui Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani, Rabu (17/4/2024).

"Sebanyak 100 bibit Ketapang dan Cemara Laut ditanam di saat peringatan HKBN nanti," jelas Yoice.

Yoice menjelaskan, 100 bibit itu ditanam di kawasan Pantai Cimpago. Rencananya, perwakilan dari setiap daerah peserta akan menanam bibit itu secara serentak."Bibitnya sudah kami siapkan," jelas Yoice.

Namun, HKBN tahun ini tidak hanya sekadar acara seremonial. Menurut Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, harapannya adalah acara ini akan menjadi platform bagi masyarakat untuk memahami pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana. Dengan demikian, mereka tidak hanya akan memahami risiko bencana, tetapi juga mengetahui tindakan konkret yang harus diambil saat bencana terjadi.

Salah satu poin fokus acara adalah simulasi evakuasi bencana. Kalaksa Zulviton menekankan pentingnya latihan ini untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki kesiapan fisik, mental, dan pemahaman yang memadai dalam menghadapi situasi darurat. Dengan demikian, diharapkan jumlah korban jiwa akibat bencana dapat diminimalkan.

"Kita harapkan melalui kegiatan ini masyarakat paham akan bencana dan mengetahui kesiapsiagaan menghadapi bencana, serta apa yang harus dilakukan saat bencana datang," sebutnya.

Dalam konteks yang lebih luas, HKBN tahun ini juga akan disiarkan secara daring untuk disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini mencerminkan upaya untuk menjadikan kesadaran akan bencana dan kesiapsiagaan sebagai prioritas nasional yang membutuhkan partisipasi dan dukungan dari semua lapisan masyarakat.

Dengan kombinasi antara kegiatan praktis seperti penanaman bibit pohon dan edukasi publik melalui simulasi evakuasi, peringatan HKBN tahun 2024 di Kota Padang diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam membangun budaya kesiapsiagaan bencana yang tangguh dan berkelanjutan.

(*)

#HKBN #Padang

No comments