Breaking News

Mudik Lebaran: 7 Tips Cerdas Agar Cucian Tetap Segar dan Terkelola

Ilustrasi Mencuci Pakaian 

Dirgantaraonline,-
Lebaran adalah momen yang dinanti-nantikan untuk bersatu dengan keluarga dan teman tercinta, namun, seringkali kesenangan tersebut dibayangi oleh tumpukan cucian yang menumpuk dan berbau tak sedap. Untuk memastikan liburan Anda berjalan lancar tanpa drama cucian, berikut adalah panduan mendalam untuk mengelola cucian saat mudik Lebaran:

1. Rencanakan dengan Teliti

Sebelum memulai perjalanan mudik, buatlah jadwal mencuci yang terstruktur dengan baik. Tentukan hari-hari khusus untuk mencuci pakaian, mengingat jumlah pakaian dan kebutuhan selama liburan.

2. Pisahkan dengan Cermat

Sebelum mencuci, pisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenisnya. Ini membantu mencegah pencampuran warna yang dapat menyebabkan kelunturan dan menjaga kualitas cucian.

3. Aroma yang Memikat

Tambahkan pewangi atau pelembut kain ke dalam air bilasan untuk memberikan aroma segar pada pakaian Anda. Ini juga membantu menghilangkan bau yang tidak sedap, terutama setelah pakaian disimpan dalam tas selama perjalanan.

4. Jemur dengan Bijak

Setelah dicuci, jemur pakaian di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari membunuh bakteri dan jamur serta membantu mengeringkan pakaian dengan cepat.

5. Simpan dengan Rapi

Setelah kering, lipatlah pakaian dengan rapi dan simpan di tempat yang bersih dan kering. Pastikan untuk memisahkan tempat penyimpanan pakaian bersih dan kotor, serta gunakan tas dengan sirkulasi udara baik untuk perjalanan mudik.

6. Investasi dalam Tas Penyimpanan

Tas penyimpanan kedap udara adalah investasi yang bijak untuk melindungi pakaian cadangan dari kelembapan dan bau tak sedap. Ini memastikan pakaian tetap segar dan siap digunakan saat diperlukan.

7. Cuci dengan Cermat setelah Pulang

Saat tiba di rumah setelah mudik Lebaran, segera cuci pakaian Anda dengan deterjen yang efektif menghilangkan noda dan bau. Penggunaan pelembut kain juga bisa meningkatkan hasil cucian yang optimal.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati liburan Lebaran dengan nyaman dan tenang, tanpa harus khawatir tentang cucian menumpuk dan berbau.

(Rini)

#Tips 

No comments