Breaking News

Konflik Memanas: Iran dan Israel Terlibat Serangan Militer Berbalas

Ilustrasi.

D'On, Iran,-
Konflik antara Iran dan Israel semakin memanas dengan serangan militer yang saling berbalas. Iran baru-baru ini melancarkan serangan dengan lebih dari 300 drone dan rudal ke wilayah Israel, sebagai balasan atas serangan Israel terhadap konsulatnya di Damaskus pada April 2024. Serangan tersebut menyebabkan ketegangan antara kedua negara semakin meningkat, dengan Iran menganggap Israel sebagai penjajah yang menindas bangsa Palestina.

Sejarah hubungan antara Iran dan Israel mencakup periode yang kontras. Pada awalnya, sebelum Revolusi Islam tahun 1979, Iran adalah salah satu negara Muslim pertama yang mengakui kedaulatan Israel pada tahun 1950. Kerjasama antara keduanya bahkan mencakup bidang diplomatik dan militer di bawah kepemimpinan Mohammad Reza Pahlavi, yang melihat hubungan dengan Israel sebagai cara untuk melawan potensi ancaman Uni Soviet di Timur Tengah.

Kerjasama ekonomi dan militer antara Iran dan Israel meningkatkan pendapatan negara Iran dan memperkuat posisi mereka di wilayah tersebut. Mereka bahkan bersatu dalam menghadapi ancaman bersama, seperti pada 1960-an ketika keduanya memandang Irak sebagai ancaman bersama dan mendukung gerakan Kurdi yang memberontak.

Namun, kemesraan ini berubah drastis pada 1979 dengan Revolusi Islam di Iran. Pergantian rezim membawa perubahan besar dalam pandangan Iran terhadap Israel, yang kini dianggap sebagai musuh yang harus dilawan. Iran mulai mendukung berbagai kelompok bersenjata di wilayah tersebut, sementara Israel melakukan serangan terhadap Iran melalui spionase dan sabotase.

Kisah hubungan yang berubah antara Iran dan Israel memberikan gambaran tentang kompleksitas geopolitik di Timur Tengah dan dampak perubahan ideologis terhadap hubungan internasional. Konflik antara keduanya tidak hanya berdampak lokal, tetapi juga memiliki implikasi yang lebih luas bagi stabilitas regional dan hubungan antara negara-negara di seluruh dunia.

(*)

#Iran #Israel #KonflikIranIsrael #Internasional

No comments