Breaking News

Kementerian Sosial, Agama, dan Pendidikan Buka Lowongan CASN Terbanyak di Tahun 2024!

Ilustrasi Tes CPNS

D'On, Jakarta,-
Pemerintah telah mengumumkan formasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 dengan membuka total 2,3 juta formasi, termasuk untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dalam pengumuman tersebut, terdapat tiga kementerian yang membuka lowongan paling banyak, yaitu Kementerian Sosial, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kementerian Sosial mengumumkan pembukaan 40.839 formasi, termasuk 266 CPNS dan 40.573 PPPK. Adapun formasi CPNS terbagi menjadi 125 untuk Tenaga Teknis dan 141 untuk Tenaga Kesehatan. Menteri PANRB, Azwar Anas, berharap rekrutmen ini dapat memberi kesempatan kepada honorer atau tenaga non-ASN yang telah mengabdi kepada negara, serta mendorong kinerja Kementerian Sosial agar lebih berdampak dalam pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kemendikbudristek membuka total 40.541 formasi, terdiri dari 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK. Formasi PPPK akan digunakan untuk menyelesaikan masalah tenaga pendidik honorer dan memenuhi kebutuhan dosen di perguruan tinggi yang selama ini minim alokasi formasi. Menteri Dikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, menekankan bahwa penambahan dosen dan guru selama 10 tahun terakhir sangat terbatas, meskipun jumlah mahasiswa terus meningkat. Hal ini juga akan mendukung tenaga kesehatan yang akan bekerja di lingkungan perguruan tinggi negeri.

Di sisi lain, Kementerian Agama membuka formasi dengan total 110.553 orang, yang mencakup kebutuhan guru madrasah, guru Kristen dan Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan penempatan di Institut Keagamaan Negeri (IKN). Kebutuhan untuk guru madrasah, sekolah Kristen, dan sekolah Katolik mencapai puluhan ribu, sementara kebutuhan untuk dosen di universitas keagamaan mencapai ribuan orang.

Dengan pembukaan formasi ini, diharapkan dapat memperkuat sektor-sektor kunci dalam pelayanan publik serta meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

(*)

#LowonganCPNS #Nasional

No comments