Breaking News

Festival Rakyat Muaro Padang: Sebuah Panggilan untuk Kembali ke Akar Budaya

Wako Padang Hendri Septa 

D'On, Padang (Sumbar),-
Dari 19 hingga 21 April 2024, gemuruh kegiatan budaya akan memenuhi kawasan Muaro Padang dalam Festival Rakyat yang dinanti-nantikan. Tepat sebelum pembukaan resmi, Wali Kota Padang, Hendri Septa, memberikan ajakan hangat kepada semua warga untuk bergabung dalam perayaan yang penuh warna ini.

"Festival Rakyat Muaro Padang kita gelar esok (19 - 21 April), jangan sampai nggak datang ya," ujar Hendri Septa dengan antusias, membangkitkan semangat komunal warga kota ini.

Festival akan merayakan kehidupan dan kebudayaan di sepanjang tepian Batang Arau hingga di bawah kemegahan Jembatan Siti Nurbaya. Pemerintah Kota Padang, dengan tekad yang kuat, ingin mengulangi keberhasilan gemerlap tahun sebelumnya.

Tidak kurang dari sekian banyak kegiatan menarik akan disajikan dalam festival ini, mengundang seluruh anggota keluarga dan kerabat untuk menyatu dalam aroma kebersamaan di Muaro," ungkap Wako, sambil menekankan pentingnya momen ini untuk merajut kembali ikatan kekeluargaan dan kebersamaan.

Festival Muaro diharapkan bisa menjadi obat bagi kerinduan akan kampung halaman, dengan berbagai atraksi seperti Selaju Sampan, Urang Padang Bagamad, Karnaval Budaya, dan banyak lagi. Tidak hanya itu, pameran ekraf dan UMKM, kuliner khas masa lalu, fashion show yang menggoda bagi generasi muda, pameran foto, peluncuran buku bertajuk Bandar Padang, dan bahkan lomba video reel IG dan TikTok akan menjadi bagian dari jajaran keseruan acara ini. Festival ini dirancang sebagai perayaan yang meriah dan inklusif bagi semua.

Agenda yang digelar bukan semata-mata untuk hiburan semata, tetapi juga menjadi salah satu strategi Kota Padang dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Terlebih lagi, dengan waktu yang bertepatan dengan arus mudik lebaran, diharapkan bisa menjadi magnet tambahan bagi perantau yang rindu akan suasana kampung halaman.

Dengan tanpa hambatan berarti, pembukaan resmi festival akan dimulai pada Jumat siang, tepat pukul 14.00 WIB, di bawah langit yang memayungi Jembatan Siti Nurbaya, menandai awal dari serangkaian perayaan yang memikat dan menggugah hati.

(*)

#FestivalMuaroPadang #Padang

No comments