Breaking News

Dinilai Berjasa Besar: STY Diusulkan Jadi Warga Negara Indonesia

Shin Tae Yong Pelatih Timnas Indonesia yang Berasal dari Korea Selatan Diusulkan menjadi Warga Kehormatan Indonesia 

D'On, Mataram,-
 Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), diusulkan untuk menerima gelar warga negara kehormatan Indonesia sebagai penghargaan atas kontribusinya yang monumental dalam sejarah sepak bola Indonesia. Usulan ini datang setelah Timnas Indonesia U-23 berhasil mencapai semifinal dalam Piala Asia U-23 2024 di Qatar, sebuah pencapaian luar biasa yang telah menarik perhatian dunia terhadap potensi sepak bola Indonesia.

Menurut Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6, Bambang Mei Finarwanto, STY telah meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam sejarah sepak bola Indonesia. Dengan visi, dedikasi, dan kepemimpinan yang luar biasa, STY telah membuktikan bahwa mimpi besar dapat diwujudkan.

“Penghargaan hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki jasa besar kepada dunia, khususnya Indonesia,” kata Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 , Bambang Mei Finarwanto didampingi Dewan Pendiri Mi6, Hendra Kesumah dan Sekretaris Mi6, Lalu Athari Fathullah di Mataram, Minggu (28/4/2024).

Dia mengatakan STY telah menulis sejarah bagi sepak bola Indonesia yang akan dikenang selamanya. "Dengan visi, dedikasi, dan kepemimpinan yang luar biasa, STY membuktikan mimpi besar dapat diwujudkan," kata Bambang Mei Finarwanto.

Partisipasi Indonesia dalam Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya mencuri perhatian dunia ketika Timnas U-23 berhasil mengalahkan tim-tim besar seperti Korea Selatan untuk mencapai semifinal. Prestasi ini tidak hanya mengangkat nama Indonesia dalam kancah sepak bola Asia, tetapi juga memperlihatkan potensi besar yang dimiliki oleh talenta-talenta muda Indonesia.

Tidak hanya itu, kesuksesan ini juga membuka peluang bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Dengan memperoleh tiket playoff dan akan menghadapi Guinea, Indonesia memiliki peluang nyata untuk mewujudkan mimpi itu. Bahkan, jika Timnas Indonesia mampu melaju ke final Piala Asia U-23, maka Indonesia akan mendapatkan tiket otomatis ke Olimpiade Paris 2024, sebuah prestasi yang belum pernah diraih sebelumnya semenjak kemerdekaan Indonesia.

Penghargaan gelar warga negara kehormatan bukanlah sesuatu yang diberikan dengan mudah, namun dalam kasus ini, prestasi dan kontribusi STY dalam memajukan sepak bola Indonesia telah membuatnya layak untuk menerima penghargaan tersebut. Contoh terkenal lainnya adalah Guus Hiddink asal Belanda yang dianugerahi gelar warga negara kehormatan oleh Pemerintah Korea Selatan atas kontribusinya dalam membawa Korea Selatan meraih prestasi di Piala Dunia 2002.

(*)

#ShinTaeYong #Sepakbola #Olahraga 

No comments