Breaking News

Antisipasi Putusan Pilpres 2024: MK Perketat Pengamanan Jelang Pengumuman Besok

Gedung Mahkamah Konstitusi 

D'On, Jakarta,-
Situasi mendebarkan menjelang keputusan sengketa Pilpres 2024 yang akan diumumkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) besok Senin (22/4/2024) pagi. MK masih terus menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH) hingga hari ini Minggu (21/4/2024), dengan petugas keamanan dari Polri dan Brimob yang memperkuat pengamanan di dalam dan di luar gedung MK. Barikade dan pagar kawat berduri dipasang di sekitar area gedung untuk mencegah kemungkinan gangguan keamanan.

Adapun RPH diketahui telah digelar sejak Selasa 16 April 2024 hingga Minggu 21 April 2024.

Jelang putusan pada besok pukul 09.00 WIB, menurut pantauan dari gedung MK, terdapat sejumlah petugas keamanan, seperti Polri dan Brimob yang berjaga di dalam area gedung dan di luar area gedung. Lalu terdapat barikade dan pagar kawat berduri yang dipasang di sekitar area gedung

Meskipun belum ada penutupan jalan, petugas telah mengonfirmasi bahwa penutupan akan dilakukan besok pagi untuk menjaga keamanan selama pengumuman putusan. MK telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah kebocoran hasil putusan dengan membatasi akses ke ruang RPH dan memastikan bahwa tidak ada informasi yang bocor sebelum waktu yang ditentukan.

Sebelumnya, Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan, MK memiliki mekanisme, teknologi, dan petugas tersumpah untuk menjaga hasil keputusan hakim agar tidak bocor sebelum pembacaan putusan yang dijadwalkan Senin (22/4/2024) besok.

Selain itu, Fajar menambahkan akses ruangan RPH terbatas atau restriktif, sehingga tidak sembarang orang bisa memasuki ruangan itu. Untuk itu, ia memastikan tidak ada kebocoran hasil putusan kepada publik dan memastikan kalau ada bocor-bocoran yang muncul bukan dari MK.

Kehadiran para pemohon, termasuk kubu paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, masih belum terkonfirmasi dengan jelas. MK mengajak masyarakat untuk menunggu pengumuman resmi besok. Suasana tegang dan antisipasi publik menciptakan ketegangan yang mendalam menjelang momen penting ini.

(*)

#MahkamahKonstitusi #RPH #SengketaPilpres

No comments