Breaking News

Anies, Ganjar, dan Prabowo Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres ke MK Hari Ini

Gedung Mahkamah Konstitusi 

D'On, Jakarta,-
Pihak-pihak yang terlibat dalam sengketa hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2024 di Indonesia dipastikan akan menyerahkan kesimpulan mereka pada hari ini, Selasa (16/4/2024). Kubu pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sebagai pemohon, akan menjadi yang pertama menyerahkan kesimpulan mereka kepada panitera Mahkamah Konstitusi (MK) pada pukul 10.00 WIB.

"Kita serahkan kesimpulan fisik jam 10.00 pagi," ujar tim hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD, Finsensius Mendrofa, kepada wartawan di Jakarta.

Sementara itu, kubu pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, berencana untuk menyerahkan kesimpulan sengketa Pilpres pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan kubu pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, sebagai pihak terkait, akan menyerahkan kesimpulan mereka menjelang pukul 16.00 WIB. Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku termohon juga dijadwalkan untuk menyerahkan kesimpulan pada hari ini.

Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK), Fajar Laksono, menegaskan bahwa para pihak harus menyerahkan kesimpulan sengketa Pilpres 2024 paling lambat pada hari ini, Selasa (16/4/2024), sebelum pukul 16.00 WIB. Jika tidak diserahkan tepat waktu, kesimpulan tersebut tidak akan dipertimbangkan oleh MK.

"Kesimpulan tersebut merupakan kepentingan masing-masing pihak. Biasanya diserahkan sesuai perintah hakim MK dengan isi penegasan atas petitum permohonan," ujar Fajar. Isi kesimpulan tersebut akan menegaskan petitum masing-masing pihak berdasarkan fakta persidangan.

Fajar juga mengungkapkan bahwa rapat permusyawaratan hakim (RPH) diagendakan berlangsung secara tertutup, hampir setiap hari, untuk membahas dan mengambil keputusan hingga menjelang sidang pengucapan putusan PHPU Pilpres.

(*)

#SengketaPilpres #PHPU #MahkamahKonstitusi