Breaking News

Pemilu 2024: PSI Bersuara, Anies Baswedan Kritik, PSI Balas Kritik

Ilustrasi Partai Solidaritas Indonesia 

D'On, Jakarta,-
Pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menjadi panggung perdebatan panas antara Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Anies mengkritik kenaikan suara PSI yang menembus lebih dari 3%, sementara PSI menanggapinya dengan tegas.

Jubir PSI, Sigit Widodo, menanggapi kritik Anies dengan keheranan yang tajam. "Saya tidak paham dengan tudingan Pak Anies. Ada kejahatan apa?" tanya Sigit kepada wartawan, Senin (4/3/2024). 

Dalam pernyataannya, Sigit menegaskan bahwa pihaknya tidak melihat adanya kecurangan dalam proses Pemilu 2024. "Kami tidak melihat ada kecurangan dalam proses Pemilu 2024. Seluruh penyelenggara pemilu telah bekerja keras dan harus kita hormati seluruh proses yang berjalan tanpa menyebarkan tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar," kata Sigit.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, turut memberikan respons terhadap pernyataan Anies. "Setuju banget mari dipantau bersama," ujar Grace Natalie. Menyikapi kekhawatiran Anies terhadap legitimasi pemilu, Grace Natalie meminta semua pihak untuk ikut memantau hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sebelumnya, Anies Baswedan menyatakan keprihatinannya terhadap kenaikan suara PSI dalam tiga hari terakhir Pemilu 2024. 

"Pemerintah harus ikut bertanggung jawab walaupun ketuanya adalah anak presiden tetapi bukan berarti segala hal bisa dilakukan terhadap partai yang dipimpin oleh anak presiden," kata Anies di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, Minggu (3/3/2024). 

Anies menyoroti potensi merosotnya kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilu akibat kegaduhan yang kerap muncul, termasuk masalah Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU. "Jangan sampai nanti membuat cacat pemilunya, kalau pemilunya cacat semua. Nila setitik rusak susu sebelanga," imbuhnya.

Data terbaru KPU hingga pukul 09.00 WIB hari ini mencatat suara PSI sudah mencapai 3,13% atau 2.404.757 suara. Suara PSI mendekati ambang batas lolos ke parlemen sebesar 4%, menandakan peran yang semakin signifikan dalam peta politik Indonesia.

Dalam suasana politik yang semakin memanas menjelang penetapan hasil Pemilu, sambutan PSI terhadap kritik Anies menunjukkan sikap teguh untuk memperjuangkan legitimasi dan integritas proses demokrasi di Tanah Air.

(*)

#PSI #Politik #AniesBaswedan #Pemilu2024

No comments