Breaking News

Jorge Martin Pecahkan Rekor Pole Position di Balap Pembuka MotoGP 2024

Jorge Martin. pebalap tim Prima Pramac 

D'On, Qatar,-
Pembalap Jorge Martin dari tim Prima Pramac mengukir prestasi gemilang dengan meraih pole position pertamanya dalam musim MotoGP 2024 setelah menampilkan performa cemerlang dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada Sabtu (9/3/2024). Dengan catatan waktu lap fantastis 1 menit 50,789 detik, Martin menjadi pembalap tercepat sepanjang masa di lintasan tersebut.

Pada posisi kedua, Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing menunjukkan konsistensi yang luar biasa dengan hanya berselisih 0,083 detik dari Martin. Sedangkan di posisi ketiga, Enea Bastianini dari tim Ducati Lenovo menampilkan kebangkitan yang mengesankan dengan selisih waktu hanya 0,086 detik dari Martin, atau hanya 0,003 detik dari Espargaro.

Saat sesi kualifikasi berlangsung, Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing berhasil meraih posisi keempat, sementara Raul Fernandez dari Trackhouse Racing mengalami kecelakaan di tikungan enam yang mengakhiri harapannya.

Binder akan memimpin baris kedua untuk balapan utama, hanya dengan selisih waktu 0,38 detik dari Bastianini. Posisi kelima direbut oleh juara dunia dua kali, Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo, dengan selisih waktu 0,139 detik dari Martin. Marc Marquez dari Gresini Racing menunjukkan performa yang solid dengan menyelesaikan baris kedua bersama tim dan motor barunya.

Di baris ketiga grid, mantan pembalap Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan memimpin, diikuti oleh rookie Pedro Acosta dari Red Bull GASGAS Factory Racing yang akan start di posisi kedelapan. Alex Marquez dari Gresini Racing akan melengkapi baris ketiga.

Namun, Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha dan Marco Bezzecchi dari Pertamina Enduro VR46 Racing Team harus menelan pil pahit karena gagal lolos ke Q2, dan mereka terpaksa memulai balapan di posisi ke-15 dan ke-16 secara berturut-turut.

Pembalap segera bersiap untuk melakoni balapan Sprint yang dijadwalkan dimulai pada pukul 23.00 WIB, sementara balapan utama MotoGP Qatar dijadwalkan pada Minggu waktu setempat atau Senin (11/3/2024) pukul 00.00 WIB.

(*)

#MotoGP #BalapMotor #Olahraga