Breaking News

Bencana Banjir dan Longsor di Sumatra Barat: 26 Orang Meninggal Dunia, 11 Orang Masih Hilang

Banjir Padang (8/3/2024)

D'On, Padang (Sumbar),-
Provinsi Sumatra Barat Dilanda Bencana Hidrometeorologi Basah. Sebanyak 26 korban ditemukan meninggal dunia dan 11 lainnya masih dalam pencarian setelah banjir dan longsor melanda Provinsi Sumatra Barat. Data terbaru yang dirilis oleh Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga mengungkapkan bahwa 39.000 jiwa terdampak akibat bencana tersebut.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, bencana ini telah menyebabkan kerugian besar bagi masyarakat setempat.

"Data yang dihimpun dari Pusat Pengendalian Operasi BNPB menunjukkan bahwa 26 orang telah ditemukan meninggal dunia, sementara 11 orang masih hilang. Bencana ini juga merugikan 39.000 jiwa," ungkap Abdul Muhari dalam keterangannya, Senin (11/3/2024).

Letjen TNI Suharyanto Akan Tinjau Langsung Penanganan Darurat

Dalam respons cepat terhadap tragedi ini, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, akan segera bertolak ke Kota Padang, Sumatra Barat. Dia akan memimpin rapat koordinasi dan evaluasi penanganan bencana di Kantor Gubernur Sumatra Barat, Kota Padang, pada pukul 13.00 WIB.

Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Rapat tersebut akan membahas strategi penanganan darurat serta langkah-langkah pemulihan yang akan diambil untuk membantu para korban. "Kepala BNPB dijadwalkan memimpin rapat koordinasi dan evaluasi penanganan banjir dan longsor di Provinsi Sumatra Barat. Rapat koordinasi tersebut akan dilangsungkan di Kantor Gubernur Sumatra Barat, Kota Padang pada pukul 13.00 WIB," kata Abdul Muhari.

Setelah rapat koordinasi, Kepala BNPB akan melakukan kunjungan langsung ke lokasi terdampak di Kabupaten Padang Pariaman. Tujuannya adalah untuk memberikan dukungan langsung dan memastikan bahwa bantuan yang dibutuhkan segera tersedia.

Selain kunjungan langsung, BNPB juga akan memberikan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP), logistik, dan peralatan lainnya untuk membantu percepatan penanganan bencana di wilayah Sumatra Barat.

Bencana ini menimbulkan duka mendalam dan memerlukan tanggapan cepat serta koordinasi yang baik dari berbagai pihak terkait. Kepala BNPB dan timnya berkomitmen untuk memberikan bantuan segera dan membantu para korban untuk pulih dari tragedi ini.


(*)

#Peristiwa #Banjir #Longsor #BencanaAlam #SumateraBarat