Breaking News

Antara Sejarah dan Kreativitas: Festival Muaro Padang 2024 Siap Memikat Pengunjung


D'On, Padang (Sumbar),-
Pemerintah Kota Padang telah mengumumkan rencana untuk menggelar "Festival Muaro Padang" pada tanggal 19-21 April 2024, sebagai upaya untuk menyambut para wisatawan dan perantau yang berkunjung ke kota tersebut. Festival ini akan diselenggarakan di sepanjang Batang Arau dan kawasan Kota Tua, dengan tujuan untuk memberikan hiburan bagi warga lokal dan pengunjung yang menghabiskan liburan mereka di Kota Padang.

Wali Kota Padang, Hendri Septa, yang turut memeriksa lokasi festival, menyatakan harapannya agar acara tersebut dapat meningkatkan perekonomian lokal dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang. Dia juga menegaskan bahwa Festival Muaro Padang tahun ini akan menampilkan konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, dengan mencampurkan nuansa masa lalu dan kekinian untuk menarik minat pengunjung.

"Kita berharap melalui gelaran ini dapat meningkatkan perekonomian warga Kota Padang dan juga meningkatkan PAD Kota Padang," ujar Hendri Septa, Minggu pagi (24/3/2024).

Berbagai kegiatan menarik direncanakan untuk memeriahkan festival ini. Rangkaian acara termasuk Batang Arau Selaju Sampan, Urang Padang Bagamad, Karnaval Budaya, dan Lomba Video Reel IG dan Tiktok dengan Tema Kota Tua dan Batang Arau pada hari pertama. Sementara pada hari kedua, akan ada Panggung Budaya Multi Etnik, Fashion Show Zaman Jadoel Gen-Z, Pameran Ekraf dan UMKM, serta Pameran Motor Jadoel di beberapa gang Kota Tua. Hari terakhir festival akan ditutup dengan acara Pameran Foto dan Penerbitan Buku Batang Arau, Pasar Kuliner Masa Lalu, serta Lomba Video Reel IG dan Tiktok dengan Tema Kota Tua dan Batang Arau.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani, menegaskan bahwa festival ini akan menjadi momentum untuk mempromosikan kekayaan budaya dan warisan sejarah Kota Padang kepada wisatawan. Dia juga menyoroti peran pentingnya bagi perekonomian lokal, serta menyebutkan kegiatan yang akan dihadirkan dalam festival tersebut.

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh pejabat pemerintah setempat, termasuk Sekda Andree Algamar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ini menunjukkan dukungan penuh dari pemerintah setempat terhadap kesuksesan acara tersebut.

(*)

#FestivalMuaro #Padang