Breaking News

Prioritas Pembangunan Daerah di Musrenbang Kecamatan Padang Barat

Sekda Kota Padang Andree Algamar 

D'On, Padang,-
Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, menegaskan lima prioritas pembangunan daerah yang diungkapkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Barat, yang digelar di salah satu hotel berbintang di Padang pada Selasa (27/2/2024).

Andree menyoroti pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing, serta pengembangan ekonomi kota yang tangguh dan inklusif. Selain itu, tata kelola pemerintahan yang berintegritas, ketahanan sosial budaya, dan peningkatan sarana prasarana kota yang ramah lingkungan juga menjadi fokus utama.

"Menggelar Musrenbang adalah langkah krusial dalam proses perencanaan pembangunan nasional, oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempertimbangkan dokumen perencanaan sebelumnya dalam setiap tahapannya," ungkap Sekda Andree.

Andree juga menekankan bahwa setiap program dan kegiatan yang dibahas harus tetap berpijak pada prioritas pembangunan daerah Kota Padang.

Sementara itu, Camat Padang Barat, Pagara, memaparkan berbagai kegiatan fisik dan non-fisik yang telah dilakukan di Kecamatan Padang Barat. Kegiatan fisik seperti betonisasi, drainase, pembuatan jembatan, serta pembangunan posko gizi dan pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah berhasil terealisasi sepenuhnya di 10 kelurahan yang ada di kecamatan tersebut, dengan anggaran mencapai Rp1.343.428.000,-.

Di sisi lain, kegiatan non-fisik seperti Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), Forum Anak Kecamatan, serta bantuan posyandu, Bundo Kanduang, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Padang Barat turut menjadi perhatian. Dalam pembahasan usulan perencanaan yang disepakati, terlihat adanya dukungan untuk inisiatif-usulan yang berkaitan dengan kelompok-kelompok rentan seperti penyandang disabilitas, kelompok perempuan dan anak, serta kelompok pemuda.

"Pemantauan terhadap usulan yang diajukan menunjukkan keterkaitannya dengan kebutuhan infrastruktur lingkungan yang dirasakan oleh warga," jelas Pagara. 

(MA/Charlie)

#Musrenbang #Padang