Breaking News

Penembak Wings Air yang Tewas Ternyata Anggota KKB Dipimpin Yotam Bugiangge

Kombes Pol Faizal Ramadhani, Kepala Operasi Damai Cartenz-2024.

D'On, Timika (Papua),-
Identitas anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang menembak pesawat Wings Air dan tewas dalam baku tembak dengan aparat TNI-Polri di Yahukimo, Papua Pegunungan, telah terungkap. Dia adalah Otniel Giban alias Bolong Giban, yang merupakan anggota KKB Ndugama yang aktif di Batalyon Wosak di bawah pimpinan Yotam Bugiangge, seorang desertir TNI yang kini memimpin kelompok bersenjata.

Menurut Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani, Otniel Giban merupakan DPO Polres Yahukimo sejak Agustus 2022 dan telah terlibat dalam serangkaian aksi kekerasan. Salah satunya adalah penembakan yang menewaskan Efendi Tiakoli di Kali Ei Distrik Seradala Kabupaten Yahukimo pada 5 Maret 2022.

"Otniel Giban masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Yahukimo No DPO/08/VIII/2022/Reskrim, pada bulan Agustus 2022 lalu dan tergabung dalam kelompok KKB Ndugama," kata Faizal, Sabtu (24/2/2024).

Kombes Faizal juga menyebutkan keterlibatan Otniel dalam serangan terhadap masyarakat sipil di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, pada 16 Juli 2022, yang menyebabkan 11 orang tewas dan 2 luka-luka. Selain itu, Otniel juga terlibat dalam pembakaran alat berat milik PT Tunas Jaya Irian di Yahukimo pada Agustus 2022.

Aksi kekerasan yang melibatkan Otniel Giban juga mencakup penembakan terhadap anggota Kodim 1715 Yahukimo yang menewaskan Pratu Lukas Worembai pada 1 Maret 2023, serta penembakan pesawat Wings Air pada 17 Februari 2024, yang mengakibatkan Pratu Ongen R. Dori terluka di leher.

Keterangan Faizal juga menyebutkan bahwa Otniel Giban bersama kelompoknya diduga terlibat dalam penembakan yang menewaskan Pratu Agung Pamuji Laksono di Jalan Yahuli, Distrik Sekai, Yahukimo pada 21 Agustus 2023, dan pembantaian 13 warga sipil pendulang di area Kali Ei, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo pada 16 Oktober 2023.

Demikianlah rincian mendalam mengenai identitas dan keterlibatan Otniel Giban alias Bolong Giban sebagai anggota KKB yang terlibat dalam serangkaian aksi kekerasan di Papua.

(*)

#KKB #Teroris