Breaking News

Kapolda Sumbar Pimpin Sertijab Lima Pejabat Utama, Momentum Perubahan di Kepolisian Daerah

Kapolda Sumbar Pimpin Sertijab Pejabat Utama Polda Sumbar

D'On, Padang (Sumbar),-
Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH, memimpin dengan penuh khidmat upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mapolda Sumbar hari Jumat (2/2/2024). Dalam upacara yang dihadiri oleh para pejabat tinggi, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Gupuh Setiyono, S.Ik. MH, dan sejumlah undangan penting, terjadi pergantian penting dalam struktur kepolisian di daerah tersebut.

Pergantian jabatan Pejabat Utama (PJU) menandai perubahan signifikan, di mana Dirintelkam Kombes Pol Sunarya, S.Ik menyerahkan tongkat kepemimpinan kepada AKBP Dwi Mulyanto, S.Ik, yang sebelumnya berdinas di Polda Sumsel. Kombes Pol Sunarya, tak lama kemudian, mengambil peran sebagai Kasubdit Kerawanan Sendi Kehidupan Bernegara di Baintelkam Polri.

Jabatan Kepala Sekolah Polisi Negara (Ka SPN) dari Kombes Pol Deni Yuhasdi, S.Ik berpindah tangan kepada AKBP Erwin Suwondo, S.Ik, yang sebelumnya menjabat Wadirlantas Polda Sumut. Kombes Pol Deni Yuhasdi selanjutnya ditugaskan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Jianbang Lemdiklat Polri, dalam rangka Dik Lemhannas PPPRA LXVI TA. 2024.

Selanjutnya, pergantian jabatan Kapolres melibatkan tiga wilayah, diantaranya:

1. Kapolres Pariaman: 

AKBP Agung Basuki, S.Ik, melepas tanggung jawabnya kepada AKBP Andreanaldo Ademi, S.Ik, yang sebelumnya mengepalai Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumbar. AKBP Agung Basuki, dengan semangat baru, menduduki jabatan Kapolres Tanjab Barat di Polda Jambi.

2. Kapolres Pesisir Selatan (Pessel): 

AKBP Novianto Taryono, S.Ik, menyerahkan komando kepada AKBP Nurhadiansyah, S.Ik, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pasbar. AKBP Novianto Taryono, dengan peran baru, kini menjabat sebagai Kabag Binkar Biro SDM Polda Sumbar.


3. Kapolres Pasaman Barat (Pasbar):

AKBP Agung Tribawanto, S.Ik, menerima tongkat kepemimpinan dari AKBP Agung Basuki, S.Ik. Sebelumnya, AKBP Agung Tribawanto menangani Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Sumbar.

Sertijab yang berlangsung dengan khidmat ini diakhiri dengan penanggalan tanda jabatan dan tanda pangkat, serta penyerahan tongkat komando oleh Kapolda Sumbar. Prosesi dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan penandatanganan berita acara serta pakta integritas jabatan oleh pejabat yang baru dilantik.

Perubahan jabatan ini menandai komitmen Polri dalam mengoptimalkan kepemimpinan dan tugas di lapangan demi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Dengan semangat baru, para pejabat yang dilantik siap mengemban amanah dan menjalankan tugasnya dengan profesionalitas.

(*)


#PoldaSumbar #Sertijab #Polri