Breaking News

Perbaikan AC Berujung Ledakan: Kronologi Detil di Rumah Sakit Semen Padang

Kondisi Gedung SPH pasca Ledakan akibat perbaikan AC

D'On, Padang (Sumbar),-
Ledakan yang terjadi di Semen Padang Hospital (SPH) pada Selasa (3/1/2024) di Jalan Bypass Padang tidak bersumber dari bom, seperti yang dijelaskan oleh Kapolresta Padang Kombes Pol Ferry Harahap, didampingi Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl, dan Dirut SPH dr Selfi Farisha. Menurut Kapolresta Padang, ledakan disebabkan oleh pengerjaan perbaikan dan pengelasan AC di Lantai 7 SPH.

"Ini bukan ledakan bom. Tidak ada ledakan bom di rumah sakit Semen Padang," tegas Kombes Pol Ferry Harahap. Pengerjaan perbaikan AC dan pengelasan menyebabkan enam unit outdoor Central AC meledak, menjalar hingga ke Lantai 1 tempat pelayanan SPH.

Ferry Harahap menjelaskan bahwa tukang yang melakukan pengelasan mungkin lupa menutup tabung gas, yang mengakibatkan ledakan. Akibatnya, banyak ambulance lalu lalang mengangkut 102 pasien SPH ke RSUP M Djamil di Jati, RS Unand di Limau Manis, dan RST Reksodiwiryo di Ganting.

Kapolresta Padang memastikan tidak ada korban jiwa, namun korban luka-luka terkena pecahan kaca masih dalam proses pendataan. Evakuasi pasien dilakukan karena ledakan merusak jaringan AC Central SPH, membuat rumah sakit tidak dapat beroperasi.

Informasi tersebut disampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan menjelaskan kronologi kejadian secara rinci untuk menghindari penyebaran informasi yang tidak akurat.

(Mond)


#Peristiwa #LedakanRumahSakitSPHPadang #Padang #SPH