Breaking News

Ledakan di Rumah Sakit Semen Padang Hospital (SPH): Pasien dan Keluarga Panik

Ratusan Pasien Rumah Sakit Semen Padang di Evakuasi Pasca Ledakan di Lantai 7 SPH

D'On, Padang (Sumbar),-
Pada Selasa (30/1/2024) sore, pasien dan keluarganya di Rumah Sakit Semen Padang Hospital (SPH), Kota Padang, Sumatera Barat, dikejutkan oleh ledakan keras yang menghancurkan gedung tersebut. Pasien seperti Wida Hendawati (55) menceritakan detik-detik mencekam saat ledakan terjadi di lantai bawah, di mana ia tengah dirawat di lantai empat.

Wida Hendawati menggambarkan, "Tiba-tiba meledak, orang pada berhamburan, pasien disuruh turun semua."

Ledakan itu mengakibatkan gedung porak poranda, dengan kaca pecah dan asap putih meluap ke dalam ruangan. Wida Hendawati, yang sebelumnya direncanakan menjalani operasi batu ginjal malam itu, bersama dengan ratusan pasien lainnya diungsikan ke rumah sakit terdekat.

"Sesaat setelah ledakan, asap putih mengepul ke dalam ruangannya. Disuruh ke bawah, yang bisa jalan, jalan ke bawah, yang gak bisa jalan, dibawa sama tempat tidur," ujarnya.

Direktur Utama SPH, dr. Selfi Farisha, menyatakan bahwa menyelamatkan pasien menjadi prioritas utama setelah ledakan. Untuk sementara, tidak ada korban jiwa dilaporkan, tetapi manajemen SPH memutuskan untuk menutup operasional rumah sakit dan mengungsikan 102 pasien rawat inap.

"Data sementara ada 102 pasien rawat inap yang kita evakuasikan dulu ke rumah sakit terdekat yang bisa melanjutkan perawatan," kata dr. Selfi Farisha.

Meskipun demikian, penyebab ledakan masih dalam penyelidikan, dan Kapolresta Padang, Kombes Pol Ferry Harahap, telah memastikan bahwa ledakan bukan disebabkan oleh bom. Operasional rumah sakit terkendala, dan upaya evakuasi pasien terus dilakukan.

"Karena rumah sakit tidak beroperasional, tentunya pasien ini butuh perawatan, sehingga dipindahkan ke rumah sakit terdekat," ungkap Kombes Pol Ferry Harahap. "Bisa jadi gas, kita lagi dalami, korban sekitar satu atau dua orang, yang mondar mandir saat ini itu evakuasi korban."

(Mond)


#Peristiwa #Padang #LedakanRumahSakitSemenPadang

No comments