Breaking News

Pantai Gading Buka Piala Afrika dengan Kemenangan

Pemain Pantai Gading Evan Ndicka (kiri) dilanggar pemain Guinea-Bissau Carlos Mane pada pertandingan grup A Piala Afrika yang digelar di Abidjan, Pantai Gading, Sabtu 13 Januari 2024. (AP/Sunday Alamba)

D'On, Pantai Gading,-
Tuan rumah Pantai Gading membuka Piala Afrika dengan kemenangan atas Guinea-Bissau 2-0 dalam pertandingan Grup A di Olympic Stadium of Ebimpe, Sabtu (13/1/2024) waktu setempat atau Minggu (14/1/2024) dini hari WIB.

Prestasi ini membuat Pantai Gading memimpin klasemen Grup A dengan meraih tiga poin, sedangkan Guinea-Bissau menempati posisi juru kunci.

Tim-tim lain yang berlaga di Grup A Piala Afrika adalah Nigeria dan Equatorial Guinea.

Pertandingan pembukaan Piala Afrika selalu menjadi momen yang khusus bagi tuan rumah sejak 1998, dan Pantai Gading menunjukkan dominasinya sejak awal laga.

Meskipun pertandingan dimulai agak terlambat karena banyaknya pidato sambutan, Pantai Gading tidak menyia-nyiakan waktu ketika berhadapan dengan Guinea-Bissau yang belum pernah memenangi pertandingan di Piala Afrika.

Pantai Gading membuka keunggulan pada menit keempat melalui aksi Seko Fofana, yang menerima umpan dari Franck Kessie dan berhasil mencetak gol ke gawang Guinea-Bissau. Skor menjadi 1-0.

Fofana terus mengancam gawang lawan sepanjang babak pertama, tampil tanpa lelah di bawah sinar matahari dan kelembaban tinggi, melepaskan sepakan keras kaki kanan yang sayangnya membentur tiang gawang lawan pada menit ke-34.

Guinea-Bissau, yang sebelumnya mengalahkan Nigeria dalam babak kualifikasi, berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Namun, mereka kesulitan menciptakan peluang bersih dan akhirnya kembali kebobolan pada menit ke-60.

Jean-Philippe Krasso menunjukkan kelasnya sebagai andalan Pantai Gading. Dengan mengontrol bola di dalam kotak penalti dan menghadap gawang, ia melepaskan sepakan voli mendatar yang berhasil menambah keunggulan timnya menjadi dua gol.

Mantan juara tiga kali Nigeria akan menghadapi Equatorial Guinea pada Minggu, sedangkan pertandingan Grup B antara Mesir dan Mozambik serta Ghana melawan Cape Verde akan dimainkan di lokasi yang sama.

Daftar susunan pemain Pantai Gading vs Guinea-Bissau:
Pantai Gading: Yahia Fofana, Wilfred Singo, O Diomande, Evan Ndicka, Ghislain Konan, Franck Kessie, Ibrahim Sangare, Seko Fofana, Jeremie Boga, Jean-Philippe Krasso, Jonathan Bamba
Pelatih: Jean-Louis Gasset.

Guinea-Bissau: Ouparine Djoco, Jefferson Encada, Opa Sangante, Marcelo Djalo, Fali Cande, Moreto Cassama, Janio Bikel, Alfa Semedo, Mauro Rodrigues, Mama Balde, Carlos Mane
Pelatih: Baciro Cande

(*)

#PialaAfrika #Sepakbola #Olahraga