Breaking News

Menghidupkan Kembali Pendidikan Agama: Lebih dari 400 Guru Padang Mengambil Sertifikasi Profesional

413 Guru Jalani PPG

D'On, Padang (Sumbar),-
Wali Kota Padang, Hendri Septa, mengumumkan bahwa 413 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kota Padang, terdiri dari 322 guru tingkat SD dan 79 guru tingkat SMP, akan menjalani sertifikasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2024. 

Acara pembukaan Semiloka Pendidikan Profesi Guru PAI di Youth Center Bagindo Aziz Chan Padang pada Rabu (31/1/2024), menjadi wadah untuk mengumumkan inisiatif ini.

Hendri Septa menekankan bahwa sertifikasi PPG ini adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan guru PAI dalam mentransfer ilmu agama secara optimal kepada siswa SD dan SMP. Tujuan utamanya adalah agar pendidikan agama dapat diterapkan secara lebih efektif kepada generasi penerus.

Dalam konteks program unggulan Pemerintah Kota Padang, terutama program hafal minimal 1 juz al-Quran bagi siswa tingkat SD dan SMP, guru PAI dianggap memiliki peran kunci. Wali Kota berharap agar sertifikasi ini dapat membantu guru PAI untuk memberikan pendidikan agama yang lebih baik kepada anak-anak.

Hendri Septa juga mencatat bahwa Kota Padang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki program hafal minimal 1 juz al-Quran bagi siswa. Hal ini menjadi bagian dari upaya untuk membentuk karakter anak-anak baik di dunia maupun akhirat.

Sejauh ini, 2.500 siswa di Kota Padang telah diwisuda dalam program tahfidz al-Quran melalui Dinas Pendidikan Kota Padang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova, menambahkan bahwa sertifikasi PPG ini dilaksanakan berkat kerjasama dengan Kemenag Kota Padang. Anggaran sebesar Rp 2,2 miliar dialokasikan untuk mendukung pelaksanaan sertifikasi PPG. Kerjasama ini melibatkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk guru PAI tingkat SMP dan UIN Imam Bonjol untuk guru PAI tingkat SD.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Edy Oktaviandi, serta Ketua Dewan Masjid Kota Padang, Maigus Nasir, juga hadir dalam kegiatan tersebut.


(Mond)


#Padang #PPG