Breaking News

Hilang Selama 3 Hari di Hutan, Nenek Berusia 91 Tahun Diselamatkan 150 Personil Tim Evakuasi SAR

Nenek 91 Tahun yang Hilang di Hutan Diselamatkan 150 Personil Tim Evakuasi SAR 

D'On, Lampung Barat,-
Seorang nenek berusia 91 tahun di Lampung Barat, Lampung ditemukan selamat oleh tim SAR gabungan setelah sebelumnya hilang selama tiga hari di dalam hutan belantara. Meski ditemukan dengan kondisi selamat dan tidak dimangsa hewan buas, tetapi nenek tersebut dalam kondisi kelelahan dan dehidrasi.

Seorang nenek bernama Sarmi, Desa Sukaraja, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat, Lampung hilang di hutan setempat selama tiga hari.

Nenek berusia 91 tahun tersebut hilang di hutan diduga akibat tersesat saat akan pergi menuju ke kebunnya pada Selasa (2/1/2024) pagi sekitar pukul 07.00 WIB.

Karena hingga sore korban tidak juga pulang ke rumah, pihak keluarga kemudian melakukan pencarian di sekitar kebun korban. Saat melakukan pencarian korban, kelurga nenek Sarmi hanya menemukan bakul (perkakas berkebun) yang biasa dibawa korban.

Keluarga korban yang tidak menemukan korban kemudian melaporkan hilangnya korban ke pos Basarnas Lampung. Tim SAR yang menerima kabar hilangnya korban langsung bergerak cepat melakukan proses pencarian di lokasi hilangnya korban.

Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian korban harus berjibaku melewati hutan belantara yang diduga menjadi lokasi hilangnya korban. Selain itu, tim SAR gabungan juga harus melintasi rimbunnya semak belukar dan pepohonan.

Proses pencarian nenek Sarmi dari hari pertama melibatkan lebih dari 150 personel SAR gabungan yang dibagi menjadi tiga tim.

Setelah melakukan proses pencarian selama dua hari, Tim SAR gabungan akhirnya berhasil menemukan nenek Sarmi dalam kondisi selamat pada Kamis (4/1/2024) siang sekitar pukul 13.04 WIB.

Nenek Sarmi ditemukan di hutan kurang lebih 5 kilometer dari kebun milik korban. Saat ditemukan, nenek Sarmi dalan kondisi lemah karena kelelahan dan dehidrasi.

Setelah berhasil menemukan nenek Sarmi dengan kondisi selamat, tim SAR gabungan kemudian mengevakuasi nenek Sarmi ke rumahnya. Proses evakuasi korban dilakukan dengan cara menggendong korban untuk memudahkan melintasi kawasan hutan.

Koordinator Pos SAR Tanggamus Roby Rusli mewakili Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah mengatakan, tim SAR gabungan melakukan pencarian korban yang hilang di hutan dengan metode ESAR closed grid tipe 3 dari titik diduga lokasi hilang korban.

"Tim SAR gabungan yang melakukan proses pencarian terdiri dari unsur dari Babinsa Sukaraja, Polsek Sukaraja, TRC-RAPI Lampung Barat, BPBD Lampung Barat, relawan SAR dan masyarakat setempat," kata Roby Rusli di lokasi pencarian, Kamis (4/1/2024) petang.

Setelah melakukan proses pencarian selama dua hari, tim SAR gabungan berhasil menemukan korban dengan keadaan selamat.

Saat ditemukan, kondisi korban terduduk dengan raut wajahnya terlihat kelelahan. Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah korban.

"Alhamdulilah nenek Sarmi telah berhasil ditemukan oleh Tim SAR Gabungan pukul 12.55 WIB. Selanjutnya dievakuasi menuju rumahnya. Pukul 13.50 WIB korban telah berhasil dievakuasi ke rumahnya dan diserahkan kepada pihak keluarga," ungkap Roby Rusli.


(B1)

#Peristiwa #Nenek91TahunHilangdiHutan