Breaking News

Bertema soal Hankam dan Geopolitik, Debat 3 Pilpres 2024 Digelar Malam Ini

Debat Capres 2024

D'On, Jakarta,-
 Debat ketiga Pilpres 2024 akan digelar, Minggu (7/1/2024) malam ini. Debat kali ini akan melibatkan calon presiden (capres) dan digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat. 

Debat ketiga Pilpres ini akan mengambil tema tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional serta geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki menjadi moderator debat ketiga Pilpres 2024 ini.

Para capres yang akan berbicara dalam debat ini, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. 

Ada pun yang akan yang akan menjadi panelis pada debat ini, yaitu guru besar hukum internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, guru besar bidang keamanan internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Kristen Indonesia (UKI) Angel Damanyati, dosen di Program Studi Konflik dan Keamanan di Universitas Bina Nusantara Curie Maharani Savitri, guru besar hubungan internasional Fisipol UI Efi Fitriani, dosen dan peneliti di Departemen Geodesi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta I Made Andi Arsana, dosen program studi hubungan internasional, Universitas Pertamina Ian Montratama, dan peneliti senior di Pusat Riset Politik Indonesia Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Irene Hiraswari Gayatri.

Panelis lain pada debat ini adalah pakar keamanan dan pertahanan dari Universitas Pertahanan (Unhan) Kusnanto Anggoro, mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan kini tercatat sebagai Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan Laksamana TNI (Purn) Marsetio, guru besar bidang keamanan global Universitas Padjadjaran (Unpad) R Widya Setiabudi Sumadinata, dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Philips J Vermonte.

Debat akan digelar Minggu (7/1/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Total keseluruhan durasi debat 150 menit, termasuk iklan. Durasi khusus debat yaitu 120 menit yang terbagi dalam enam segmen.

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, optimistis bahwa Prabowo Subianto siap menghadapi debat capres ketiga yang akan digelar, Minggu (7/1/2024). Budiman menyebut bahwa tema debat tersebut, yakni geopolitik, politik luar negeri, serta pertahanan keamanan globalisasi, merupakan keahlian khusus Prabowo.

"Pada tanggal 7, Pak Prabowo sebagai calon presiden kita akan berdebat dengan tema geopolitik, politik luar negeri, pertahanan keamanan globalisasi. Bisa saya katakan bahwa itu adalah seperti makanan sarapan pagi, makan siang, dan makan malam bagi Pak Prabowo. Sebaliknya, jika pada debat cawapres kemarin, saya menyebutkan tema seperti APBD, APBN, Investasi, ekonomi digital seperti makanan sehari-hari Mas Gibran," kata Budiman di Purwokerto, Sabtu (6/1/2024).

Budiman merasa bersyukur sebagai bagian dari tim Dewan Pakar TKN karena Prabowo telah memahami dengan baik tema tersebut.

"Kami merasa bersyukur sebagai tim di Dewan Pakar TKN. Kami tidak merasa kesulitan memberikan masukan, lebih fokus pada mengikat agenda yang urgen terkait tema tersebut. Secara keseluruhan, Pak Prabowo sangat menguasai tema tersebut," ungkap Budiman.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Habiburokhman memastikan Prabowo Subianto akan menyampaikan ide besar dan gagasan pada debat ketiga calon presiden yang berfokus pada pertahanan, keamanan, dan geopolitik.

"Prabowo sangat memahami isu-isu seperti pertahanan geopolitik internasional dan lainnya, dan beliau akan menghadirkan ide-ide besar dalam debat tersebut," ujar Habiburokhman, dikutip dari Antara, Sabtu (6/1/2024).

Menurut Habiburokhman, ide-ide besar tersebut merupakan hasil dari puluhan tahun pengabdian Prabowo di dunia militer, di mana politik global telah dipengaruhi oleh situasi yang tidak menentu akibat konflik-konflik tertentu.

Dalam konteks ini, Prabowo-Gibran mengusulkan penguatan postur militer sebagai salah satu ide utama dalam platform politik mereka. Prabowo juga berkomitmen untuk membangun kebijakan luar negeri yang kuat, sejalan dengan penguatan kekuatan militer yang sedang dilakukan.

Debat keempat Pilpres 2024 dijadwalkan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024 mendatang. Sementara debat kelima yang juga terakhir rencananya akan dilakukan pada Minggu, 4 Februari 2024.


(B1)

#DebatCapres2024 #Pilpres2024 #Politik #Pemilu2024 #nasional