Breaking News

Curah Hujan Tinggi, Pengendara Harus Perhatikan 7 Tip ini saat Mengemudi

Ilustrasi Mengemudi saat hujan

Dirgantaraonline.co.id,- 
Mengemudi ketika hujan tentunya memberi tantangan tersendiri. Jalanan yang licin membuat pengemudi harus ekstra hati-hati guna menghindari risiko kecelakaan.

Berikut ini beberapa tip mengenai cara berkendara yang aman saat hujan:

1. Lakukan pemeriksaan berkala 
Sistem kendaraan harus dipastikan berada dalam kondisi baik. Oleh karena itu, servis berkala di bengkel resmi sangat disarankan. Pemeriksaan rutin memungkinkan teknisi untuk mengganti komponen yang sudah aus atau sekadar membersihkannya. Dengan menjaga kondisi mobil tetap optimal, pengalaman berkendara dapat tetap nyaman, bahkan saat cuaca yang tidak bersahabat.

2. Hindari manuver secara tiba-tiba
Permukaan jalan yang licin membuat cengkeraman antara ban dan jalan berkurang. Untuk menghindari kehilangan kendali, jangan melakukan manuver tiba-tiba seperti akselerasi yang terlalu cepat atau melakukan pengereman secara mendadak.

3. Perhatikan penggunaan lampu kendaraan 
Cuaca hujan dapat mengurangi visibilitas pengemudi. Karenanya, penting untuk menggunakan lampu kendaraan secara tepat supaya dapat melihat jalan dengan jelas, dan juga membuat kendaraan kita lebih terlihat jelas oleh pengemudi lain.

4. Hindari genangan air
Menghindari daerah dengan genangan air penting untuk keselamatan, terutama jika jalannya berlubang atau ketinggian yang tidak merata. Melalui jalan tersebut dengan kecepatan rendah dapat membantu menjaga kendali kendaraan.

5. Menjaga jarak aman
Menjaga jarak yang cukup antara kendaraan merupakan kunci keselamatan. Jarak yang cukup memberikan waktu reaksi yang lebih baik dalam situasi darurat.

6. Waspadai risiko aquaplaning
Aquaplaning terjadi ketika lapisan air membuat ban kendaraan kehilangan daya cengkeramannya dengan jalan, menyebabkan kehilangan kendali dan ketidakstabilan. Karenanya, disarankan untuk berkendara dengan kecepatan rendah dan pastikan ban dalam kondisi prima.

7. Gunakan sabuk pengaman
Penggunaan sabuk pengaman sangat penting dalam kondisi kondisi cuaca apa pun. Sabuk pengaman efektif melindungi kita dari cedera serius akibat kecelakaan.


(Rini)

#TipBerkendarasaatHujan #tip #serbaserbi