Breaking News

Aksi Rusuh Apdesi: Jalan Diblokade, Pagar Terbakar, Tembok Dijebol

Aksi demo Apdesi di depan gedung DPR/MPR, Tanah Abang, Jakarta pada hari Rabu, 31 Januari 2024. (Istimewa/Istimewa)

D'On, Jakarta,-
Aksi demonstrasi yang dipimpin oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (31/1/2024), berakhir dalam kekacauan. Massa peserta aksi melakukan blokade jalan, membakar pagar, bahkan berusaha menjebol tembok depan, seperti terlihat dalam rekaman yang kemudian viral di media sosial.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan penertiban terhadap massa aksi yang memblokade Tol Dalam Kota dan jalan arteri depan Gedung DPR/MPR. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M Latif Usman, menyatakan bahwa blokade jalan tol dilakukan akibat kesalahpahaman, namun perwakilan massa sudah diterima dan situasi telah mereda.

"Ada sedikit kesalahpahaman, perwakilan sudah diterima, mereka mencoba menutup pintu tol, tapi mereka sudah keluar dari tol," ujar Latif. Meskipun terjadi lumpuhnya arus lalu lintas akibat penutupan jalan, hal ini hanya berlangsung beberapa menit.

Aksi demonstrasi Apdesi ini mendapatkan perhatian luas karena beberapa peserta aksi terlihat merusak pagar depan gedung dengan palu besar. Massa aksi mengutarakan tuntutan utamanya, yakni pengesahan Revisi UU No. 6/2014 tentang desa. Pada saat ini, pihak berwenang belum memberikan pernyataan resmi terkait dampak dan langkah selanjutnya terkait tuntutan tersebut.

Peristiwa ini menciptakan ketegangan di sekitar gedung DPR/MPR dan menimbulkan keprihatinan terkait keamanan dan penanganan protes di tengah masyarakat.


(Mond/B1)


#Demo #Apdesi #Demontrasi