Breaking News

Wali Kota Balikpapan Bantah Tudingan Cak Imin Terkait Sulitnya Pasokan Listrik

Cak Imin Cawapres nomor urut 1

D'On, Balikpapan,-
Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyanggah pernyataan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengenai sulitnya pasokan listrik, akses air bersih, dan kondisi jalan yang rusak di Kota Balikpapan dalam debat calon wakil presiden pada Jumat (22/12/2023) malam.

“Itu salah data, keliru. Harusnya sebelum menyampaikan, (Cak Imin) lihat data dulu. Makanya, dia sampaikan itu tidak tepat. Kondisi Kota Balikpapan sebagai penunjang Ibu Kota Negara (IKN) sangat baik,” kata Rahmad Mas'ud, di Balikpapan, dikutip dari Antara, Senin (25/12/2023).

Rahmad menjelaskan bahwa pasokan listrik di Kota Balikpapan sangat mencukupi dan jarang mengalami pemadaman listrik. Jika ada pemadaman, itu biasanya terjadi karena perawatan atau gangguan nonteknis.

Pasokan listrik di Kota Balikpapan terhubung dengan Unit Induk Pembangkit Kalimantan Bagian Timur (UIP KLT), yang merupakan jaringan listrik interkoneksi tiga provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

UIP KLT memiliki daya total sebesar 2.369 megawatt, sedangkan beban penggunaan mencapai 1.545 megawatt. Rahmad menyatakan bahwa Kota Balikpapan masih memiliki kelebihan daya sekitar 800 megawatt.

Mengenai akses air bersih, Rahmad menjelaskan bahwa kebutuhan air di Balikpapan dipenuhi dari dua sumber, yaitu Waduk Manggar dan Bendungan Teritib. 

Rahmad menyebutkan bahwa kebutuhan air di Balikpapan juga akan semakin terpenuhi dengan adanya Embung Aji Raden dan tambahan pasokan air dari Bendungan Sepaku Semoi, terutama dalam rangka mendukung pembangunan IKN.

Dirinya menekankan bahwa upaya terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Balikpapan, khususnya menjelang peresmian Ibu Kota Nusantara pada 17 Agustus 2024. 

“Untuk air bersih, kami terus berupaya memenuhi agar Kota Balikpapan menjadi kota yang sangat layak ditinggali,” katanya.

Selain itu, ia juga menyoroti upaya perbaikan infrastruktur dan penanganan banjir sebagai bagian dari pembaharuan Kota Balikpapan sebagai kota penunjang IKN.


(B1)

#CakImin #DebatCawapres #Pilpres2024