Breaking News

Menyikapi Konflik Batin Secara Positif, Emang Bisa?

Ilustrasi Self Love

Dirgantaraonline.co.id,-
Banyak dari kita memahami konflik sebagai hal negatif yang perlu dihindari. Kita merasa tidak nyaman dan cemas. Terlebih jika itu konflik eksternal di mana kita terlibat masalah dengan orang lain, misalnya teman kerja, keluarga, dan pasangan. Ternyata kita tidak hanya menemui konflik eksternal, tapi juga menghadapi konflik dengan diri sendiri, lho.

Konflik internal atau disebut konflik batin, di mana terjadi gejolak pergulatan dengan diri sendiri, antara apa yang kita inginkan dan apa yang harus dilakukan. Sehingga yang terjadi adalah susah mengambil keputusan, cemas, berpikir berlebihan, hingga takut salah.

Namun pernahkah kita berpikir bahwa hadirnya konflik internal ini bisa disikapi dengan positif? Sepertinya tidak ya. Ternyata, dengan kita menyadari bahwa proses belajar itu bukan hanya dari kesempurnaan, melainkan juga dari sebuah permasalahan.

"Cepat atau lambat, sebagian besar dari kita akan menyadari kenyataan bahwa konflik tidak bisa dihindari, baik dalam diri kita sendiri maupun dalam relationship kita dengan orang lain seperti di tempat kerja, di rumah, di mana pun." Kata Linda Adams dalam Gordon Training

Nah, apa yang mesti dilakukan agar kita lebih positif menghadapi konflik batin dengan diri sendiri? Berikut tipsnya:

1. Peka dengan perubahan diri

Tubuh pasti memberi sinyal kepada kita bahwa ada ketidaknyamanan yang dirasakan, ada sesuatu yang mengganjal, gelisah dan stress. Biasanya tanda fisik itu dirasakan setelah memutuskan sesuatu yang tidak selaras dengan apa yang kita mau. Sehingga sinyal itu adalah saat yang tepat untuk mencari akar masalahnya. 

2. Akui konflik batin tersebut

Kenali tanda-tanda penyebab perasaan tidak nyaman muncul dalam tubuhmu. Belajar membaca situasi cukup mengantarkan kita kepada penyelesaian. Akui bahwa konflik ini harus diselesaikan, bukan dihindari apalagi ditekan. Usahakan agar selalu berpikiran positif, ya.

3. Relax and calm

Menenangkan pikiran yang berlebihan memang tidak mudah. Tapi itu bukan alasan untuk berhenti belajar berpikir lebih nyaman. Jangan sibuk mendengarkan pikiran yang belum tentu benar, tapi carilah celah untuk mencari solusinya. Dengan pikiran yang tenang dan positif, proses penyelesaian akan lebih mudah.

Banyak hal yang terjadi dalam hidup, baik itu kesempurnaan maupun permasalahan, kita bisa menyikapinya dengan positif. Berangkat dari sikap positif itu maka kesehatan batin pasti berangsur pulih.


(Rini)

#KonflikBatin #Global #gayahidup #Lifestyle