Breaking News

Janji Anies: Kegiatan Sosial Bakal Bebas Pajak

Anies Baswedan 

D'On, Jakarta,-
Anies Baswedan, Calon Presiden RI membocorkan rencana pajak apabila dirinya terpilih dalam pemilihan 2024. Salah satunya membebaskan pajak untuk aktivitas sosial.

"Kami cenderung untuk aktivitas sosial itu diringankan pajaknya, bahkan dibebaskan," ungkap Anies dalam acara Dialog Apindo-Debat Capres 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Sementara yang bersifat produktif dikenakan proporsional dan konstruktif lebih tinggi. "Kegiatan konstruktif yang sifatnya mewah itu ada pajak yang lebih tinggi. Jadi prinsipnya fairness. Jadi gak cuma meningkatkan perpajakan, tapi juga kasih insentif dan disinsentif," paparnya.

Anies adalah membenahi instansi pajak. Anies percaya pembentukan Badan Penerimaan Negara (BPN), di mana memisahkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) dari Kementerian Keuangan.

"Kami lihat perlu ada Badan Penerimaan Negara yang beda dengan treasury," tegasnya.

"Kedua, membereskan praktek bad governance di aspek revenue. Korupsi di aspek spending itu heavily di monitor. Tapi menyelematkan pemasukan dari persoalan bea cukai, perpajakan, itu bocor-bocor di situ tidak boleh ditolerir," terang Anies.

Caranya adalah dengan menempatkan orang terbaik dan pemanfaatan tekonologi. "Kita bangun teknologi sehingga bisa selamatkan revenue yang hilang," ujarnya.


(mij/cnbc)

#AniesBaswedan #Pilpres2024 #Pajak