Breaking News

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Guguran Meluncur Sejauh 3 Kilometer

Gunung Semeru Erupsi

D'On, Lumajang (Jatim),-
Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memuntahkan letusan disertai awan panas guguran pada Senin (25/12/2023) pagi sekitar pukul 05.12 WIB.

Dalam rekaman CCTV terlihat detik-detik awan panas guguran keluar dari lubang kawah jonggring saloko gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Berdasarkan pengamatan visual Pos Pantau Gunung Api Semeru, awan panas guguran meluncur melewati jalur lava sejauh 3 kilometer mengarah ke tenggara.

Selain itu, letusan terjadi dengan tinggi kolom abu mencapai 1 kilometer berwarna kelabu dengan intensitas tebal condomg mengarah ke selatan. Erupsi kali ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 milimeter durasi 4 menit 8 detik. Hingga saat ini Gunung Semeru masih berstatus Siaga level IIII.

“Untuk saat ini laporan dampak tidak ada. Kita sudah ada pos untuk memantau aktivitas vulkanik. Petugas yang sudah kita tempatkan di sana selalu mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati,” kata Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo saat dikonfirmasi pada Senin pagi (25/12/2023).

Lebih lanjut, ia menyampaikan anomali cuaca yang ada membuat masyarakat di sekitar lereng Gunung Semeru utamanya warga yang melakukan aktivitas di wilayah Curah Kobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang untuk tetap waspada akan ancaman bencana.

“Kami imbau masyarkat agar paham dan peduli dengan kondisi Semeru yang masih berada pda level III (Siaga),” jelas Wawan.

Selain itu, juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu dari gunung. Ini mengingat wilayah tersebut banyak aktivitas pertambangan pasir di sepanjang aliran sungai lahar.


(B1)

#Peristiwa #ErupsiGunungSemeru #GunungSemeruMeletus