Breaking News

Ada yang Beda Dalam Debat Cawapres, KPU Sediakan Podium

Debat Capres 2024 (12/12/2023) tidak ada podium

D'On, Jakarta,-
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengevaluasi debat perdana capres yang berlangsung pada 12 Desember 2023. 

Hasil evaluasi, pada debat selanjutnya, termasuk debat cawapres 22 Desember 2023, akan ada podium. Dalam catatan debat Pilpres 2024 yang akan diikuti capres dan cawapres, KPU dan Timses Paslon setuju saat pemaparan akan disiapkan podium. Sebelumnya, dalam debat capres di Gedung KPU yang diikuti Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo tidak ada podium.

"Demikian juga hal yang jadi catatan-catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

Kemudian, Hasyim mengungkapkan durasi debat masih sama persis dengan debat sebelumnya yakni 150 menit dengan durasi khusus untuk debatnya 120 menit dibagi menjadi enam segmen.

"Seperti yang kami sampaikan tadi. Jadi durasinya sama persis, seperti misalkan ketika diajukan pertanyaan oleh panelis, maka calon wakil presiden yang akan menjawab diberikan kesempatan untuk menjawab sekitar dua menit," ujar Hasyim. 

Kemudian, moderator mengajukan pertanyaan, yang nantinya masing-masing calon wakil presiden diberikan kesempatan untuk menjawab dua menit.

"Dan kemudian masing-masing calon wakil presiden yang tidak diajukan pertanyaan, akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing calon wakil presiden sebagai bentuk pendalaman, masing-masing satu menit," kata Hasyim. 

Kemudian, calon wakil presiden yang diajukan pertanyaan tadi, kesempatannya adalah menjawab respons atau pertanyaan dari masing-masing calon wakil presiden, kesempatannya dua menit. 

"Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima," pungkas Hasyim.


(Sindo)


#KPU #DebatCawapres2024 #Pilpres2024 #Podium