Breaking News

Rumah Yoni Mentri, Rumah Terakhir Disambangi Wali Kota Hendri Septa


D'On, Padang (Sumbar),-
Hari ke hari, kebahagiaan datang silih berganti. Bagi kepala keluarga, ibu rumah tangga, si Buah Hati, dan seluruh anggota keluarga lainnya. Hal pasti, akan selalu ada doa yang akan diijabah oleh Allah SWT.

Seperti Yoni Mentri (43), laki-laki yang bekerja sebagai kuli bangunan, menyilakan kedua kaki di lantai rumahnya yang beralamat di Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan. 

Akhirnya, Yoni merasakan kebahagiaan yang sama seperti keluarga ‘Semata’ di sepuluh kecamatan di Kota Padang sebelumnya. Yoni, gagahnya menjamu tamu dengan haru, di siang yang sangat syahdu itu. 

“Rumah ini, usianya sekitar 50 tahunan. Rumah ibu, dan mungkin bisa dibilang ‘Rumah Gadang’. Dengan usia segitu, sangat memungkinkan membuat lantai di rumah ini berlubang di beberapa bagian,” ucap Yoni Mentri, Jumat (14/4/2023).

Diliriknya, lantai yang beralaskan kayu tersebut menyapa. Melihatkan kepiawaian yang berterus terang, menampilkan kerapuhannya yang sudah berjuang.

“Di rumah ini ada tiga ruangan kamar. Namun, kami lebih suka berbaring di tengah rumah. Sebab, dinginnya lebih baik dibanding siang yang hangat seperti sekarang,” jelasnya.

Jendela dari kawat itu menyambut, lantai beralaskan kayu, dan genteng tanpa plafon mengucap salam pertemuan. Panasnya membuat keringat mengucur dahsyat. Tak hanya semenit, tak hanya dalam waktu yang sempit.

“Anak pertama Latifa Anisa Fitri (9) Sekolah Dasar, Fhajar Riski Ramadhan (6) Sekolah PAUD, dan Natasya Febriyani (3),”  tambahnya.

Dalam dialog bersama Diskominfo Padang disampaikan, dengan pekerjaannya tersebut, uang yang didapat hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Tentu, dengan bantuan bedah rumah yang diberikan Pemerintah Kota (Pemko) Padang beserta Baznas Kota Padang kepadanya, dapat membuatnya tinggal, menetap dengan rasa yang aman dan lebih nyaman.

“Alhamdulillah, saya tetap berjuang. Sebagai laki-laki ketika dewasa, kita memiliki tanggungan. Motivasi bekerja juga harus kita pupuk sedari muda,” tegasnya.

Untuk menambah pemasukan, Putri Andriani (28), membantu Sang Suami dalam menghidupi si Buah Hati dengan berjualan sate keliling.

“Melalui bantuan bedah rumah, Semata Wali Kota Padang Bapak Hendri Septa dan Baznas Kota Padang. Saya menyampaikan terima kasih, panjang umur, dan bahagia,” ungkapnya.

Di sisi lain, anak laki-laki itu berjalan dengan gagah bersama sang kakak. Masuk ke dalam Rocky Plaza dengan wajah sumringah serta perasaan yang berbunga-bunga.

Dipilihnya baju, sepatu, celana, beberapa bekal, dan tas untuk bersekolah nanti. Tak terbayang bagaimana rasa bahagia atas keinginan yang dapat diwujudkan.

“Terima kasih, untuk rayo atau lebaran dan sekolah nanti,” ucap Fhajar Riski Ramadhan.

Dipikulnya dengan riang, tas sekolah tersebut tentunya menjadi kenangan yang mengharukan baginya serta sang kakak. Kedua orangtua, dan adik tentu juga merasakan hangat yang tak kalah sama.

Lagi, mobil iring-iringan Semata melaju di jalanan kota. Mengantarkan kehangatan yang luar biasa dari keluarga Yoni.

Kemudian, mobil berhenti di tujuan. Kedatangan disambut hangat oleh Ketua TP-PKK Kota Padang Genny Hendri Septa bersama keluarga.

“Selamat datang, semoga kehadiran keluarga Semata Padang Selatan dan lainnya membawa berkah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang,” ucap Ny Genny Hendri Septa.

Hangatnya berkumpul, kalah dibanding cuaca sebelumnya. Kali ini, hangatnya lebih menyejukan. Barangkali seperti malam yang berkumpul lengkap dengan keluarga kesayangan. 

(WE / Charlie)


#Padang #ramadan #Semata

No comments