Breaking News

Tingkatkan Kewaspadaan Serangan Malware dan Phising, Sekda Buka Bimbingan Teknis Bagi Agen Padang-CSIRT


D'On, Padang (Sumbar),-
Meningkatkan pengamanan dan manajemen informasi serta kewaspadaan terhadap seragan malware dan phising, Pemerintah Kota Padang berikan bimbingan teknis kepada Agen Padang CSIRT, Kamis, (2/3/2023).

Bimbingan Teknis dengan tema "Bimbingan Teknis Kewaspadaan Serangan Malware dan Phising bagi agen Padang-CSIRT" itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar di Gedung Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang.

Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar menyebutkan keamanan data dan penurunan risiko serangan malware dan phising mampu mengatasi kendala dalam birokrasi. Kemudian tidak membahayakan pelayanan publik, sehingga semakin berkurang keluhan masyarakat terhadap Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"CSIRT (Computer Security Insident Response Team) bertugas melakukan mitigasi penanggulangan insiden, investigasi, analisis dampak dan pemulihan pasca insiden keamanan Siber pada sistem elektronik ini di Pemerintah Kota Padang," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Bobby Firman selaku Ketua Panitia menyampaikan pentingnya pemahaman secara teknis mengenai bahayanya serangan malware dan phising. Terutama menyangkut data pribadi masyarakat pada layanan elektronik pemerintah dengan pengamanan Siber yang bisa diandalkan. 

"Untuk itu dibutuhkan sebuah pengelolaan risiko keamanan informasi yang komprehensif agar layanan publik dapat berjalan lancar dan terjaga aspek kerahasiaan nya" katanya. 

Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kominfo telah membentuk Padang-CSIRT melalui Surat Keputusan Walikota Nomor 277 tahun 2022 tentang Tim Tanggap Insiden Siber.

"Kita berharap dengan adanya bimtek ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman secara teknis agen CSIRT tentang bahaya dan penanganan serangan malware dan Phising," tuturnya. 

Bimbingan teknis ini kepada seluruh OPD di lingkungan pemerintah kota Padang sebanyak 60 orang. Sementara untuk pemateri diberikan oleh Sandiman Muda Direktorat Siber Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah Deputi III, Arif Fachru Rozi. 

(DA / CH)


#Padang #Cyber #Malware #Phising