Breaking News

Selama Ramadan, Ratusan Ribu Siswa Ikuti Pesantren Ramadan

Dok: pesantren Ramadhan 2022

D'On, Padang (Sumbar),-
Wali Kota Padang Hendri Septa menyebut ratusan ribu anak sekolah di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan mengikuti kegiatan Pesantren Ramadan 1444 Hijriah.

"Pemkot Padang akan menjalankan kegiatan yang rutin setiap tahun kita gelar dan Pesantren Ramadan ini merupakan pengganti pendidikan formal di sekolah yang dipindahkan ke masjid dan mushala," katanya, kemarin.

Ia mengatakan program ini akan diikuti seluruh anak sekolah SD dan SMP. Dirinya mendapatkan informasi Gubernur Sumbar juga akan menerapkan aturan ini kepada pelajar SMA/SMK untuk mengikuti Pesantren Ramadan.

Selain itu dirinya akan mewisuda 1.100 anak SD dan SMP yang telah mengkhatamkan Juz 30 Alquran. Menurut dia ini merupakan capaian yang baik karena dari 130 ribu anak di Kota Padang sudah khatam hafalan Juz 30 Al Quran.

"Ini juga akan terus kota dorong dan ajak anak-anak untuk menghafal Alquran di kota ini. Salah satu program kita juga, minimal siswa hafal juz 30," kata dia.

Hendri Septa mengatakan, seperti tahun sebelumnya materi Pesantren Ramadan mulai dari menghafal Alquran, zikir, kisah nabi dan sahabat dengan tema mewujudkan generasi yang tangguh  berbudaya yang mencintai masjid.

Pesantren Ramadan diikuti pelajar mulai dari kelas 4 sampai 6 SD dan kelas pelajar SMP kelas 7 hingga 9 dimulai  selepas subuh hingga selepas zuhur. Sementara bagi pelajar nonmuslim, selama Ramadan, kegiatan belajar dialihkan ke tempat ibadah masing-masing.

Ia menyampaikan pesantren Ramadan merupakan komitmen Pemkot Padang agar para pelajar senantiasa bisa mengamalkan ajaran agamanya. 

(DA / CH)


#PesantrenRamadan #Padang

No comments