Breaking News

Padang Realisasikan APBD di Angka 94,59 Persen


D'On, Padang (Sumbar),-
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang Raju Minpora menyampaikan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022 terealisasi di atas 90 persen. 

“Alhamdulillah pada tahun 2022, kita sudah merealisasikan pendapatan Rp2.249 tiriliun atau setara 94,59 persen. Sementara belanja di angka Rp2.224 triliun atau setara 91,48 persen,” ucap Raju Minpora saat Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Kota Padang Tahun Anggaran 2023 Triwulan I resmi dibuka di ruang Bagindo Aziz Chan, Balaikota, Aie Pacah, Padang, Selasa (7/3/2023).

Lebih lanjut disampaikannya, sejumlah OPD mampu meraih Pendapatan Asli Daerah (PAD) cukup besar. 

“Ada sebanyak 15 instansi yang memeroleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi berdasarkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tahun 2022,” sambungnya.

Sebanyak 15 instansi tersebut antara lain DISKOMINFO, RSUD, BPKAD, DISDAG, DKK, DLH, DINAS DAMKAR, BAPENDA, DISPORA, DISHUB, DISTAN, DPUPR, DINAS PERKIM, DINAS PERIKANAN DAN PANGAN, serta DISPAR.

“Dalam hal ini, ada 5 kategori upaya yang dapat kita lakukan dalam pengelolaan keuangan daerah dengan baik. Terdiri dari pengendalian, prinsip, mindset, prioritas, dan komitmen,” tutupnya.

Dalam pengendalian dapat memperkuat fungsi pengendalian dan pengawasan dengan melakukan konsolidasi interval. Pada prinsip berpegang kepada kejujuran, objektivitas, transparansi dan inovasi sebagai katalisator perubahan.

Di mindset, merubah pola pikir menjadi pelaksanaan anggaran dari input-based menjadi output-based serta berorientasi pada pencapaian visi dan misi.

“Pada prioritas dan komitmen, kita dapat mengelola anggaran daerah sesuai kebutuhan dan prioritas. Serta meningkatkan komitmen seluruh jajaran perangkat daerah secara sehat dan akuntabel,” tutupnya. 

(WE)


#APBD #Padang

No comments