Breaking News

Gara-gara .Pamer Harta, Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Jabatan Dicopot dan Akan Diperiksa KPK


D'On, Jakarta,-
Kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo yang merupakan anak pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo turut menyeret Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto.

Sama seperti keluarga Rafael Alun Trisambodo, Eko Darmanto kerap pamer harta di media sosial. Namun sejak kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy mencuat dan berujung dicopotnya Rafael Alun Trisambodo sebagai Kepala Bagian Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II, Eko Darmanto menghapus postingannya di media sosial. 

Namun demikian, Kementerian Keuangan sendiri sudah secara resmi mencopot Eko Darmanto dari jabatan sebagai Kepala Bea Cukai Yogyakarta, sebagai tindak lanjut dari pamer harta yang kerap dilakukan Eko Darmanto di media sosial. 

Pencopotan Eko Darmanto sebagai Kepala Bea Cukai Yogyakarta disampaikan secara langsung oleh Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di kantor Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan, pada hari Rabu (01/03/2023) sore.

"Dalam rangka pemeriksaan yang bersangkutan [Eko Darmanto] dibebastugaskan dari jabatannya. Ini sudah kami instruksikan kepada Direktorat Jenderal Bea Cukai (untuk dibebastugaskan)," kata Suahasil dalam konferensi pers.

Suahasil juga mengatakan Kementerian Keuangan sudah melakukan pemanggilan terhadap Eko Darmanto dan melakukan klarifikasi terkait sejumlah harta bendanya yang diunggah di akun media sosial.

Sementara itu Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan yang hadir dalam konferensi  tersebut menambahkan, KPK juga akan melakukan pemeriksaan terhadap Eko Darmanto untuk melakukan klarifikasi terhadap harta kekayaan yang dimilikinya.

"Saudara ED akan diperiksa terhadap LHKPN-nya. Pemeriksaan kita kumpulkan semua data pendukung, KPK terhubung secara elektronik kepada BPN, BPN akan mencari semua sertifkat tanah atas nama yang bersangkutan termasuk anak atau istri. Begitu juga dengan perbankan semua juga terkoneksi bisa kami lihat berapa rekeningnya yang dimilik termasuk anak istrinya," kata Pahala.

(***)

#viral #Pajak #pejabatbeacukai #KPK

No comments