Breaking News

95,51% Warga Terjamin Kesehatannya, Wali Kota Padang Terima UHC Award 2023


D'On, Padang (Sumbar),-
Wali Kota Padang Hendri Septa menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. 

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemerintah Kota Padang, karena memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Kota Padang.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga penghargaan ini dapat diraih," ucap Wako Hendri Septa sewaktu menerima penghargaan tersebut dari Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).   

Wako Hendri Septa menambahkan, penghargaan ini diberikan bagi pemerintah daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dibandingkan jumlah penduduk, dan yang sudah melakukan integrasi Jamkesda  dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) pemerintah daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018.

"Penghargaan yang kita terima ini merupakan wujud nyata kehadiran Pemerintah Kota Padang dalam upaya memastikan ketersediaan jaminan kesehatan bagi seluruh warganya. Alhamdulillah sebanyak 95,51 persen warga Kota Padang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan," ungkap Wako. 

Wako Hendri Septa berharap dengan diterimanya penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Padang dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Padang. 

Sementara itu,  Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Yessy Rahimi mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Padang yang telah berhasil meraih predikat UHC. 

"Alhamdulillah 3 kabupaten kota di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang sudah meraih predikat UHC yakni, Kota Pariaman 99,33 persen, Kabupaten kepulauan Mentawai 97,86 persen dan Kota Padang 95,70 persen. Atas komitmen dan kolaborasi semua pihak dalam ekosistem JKN, kami mengucapkan terima kasih. Semoga kolaborasi yang harmonis ini tetap terpelihara dan terus tumbuh demi wujudnya masyarakat Indonesia yang lebih sehat," pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Wako Hendri Septa, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Sri Kurniati, Kepala Diskominfo Padang Boby Firman, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang Yessy Rahimi, dan Kabag Prokompim Amrizal Rengganis.

(*)


#Kesehatan #Padang


No comments