Breaking News

Ditagih Soal Hibah Lahan, Risma Sujud di Depan Guru SLB


D'On, Bandung (Jabar),-
Menteri Sosial Tri Rismaharini tersungkur bersujud di depan guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Momen ini terjadi dalam kunjungannya ke Balai Wyata Guna di Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (21/02/2023).

Saat membahas kondisi SLB Negeri A Pajajaran di sekitar Kafe Wyata Guna, para pengajar itu menagih janji Risma yang akan menghibahkan lahan seluas 1.600 meter persegi di kawasan Balai Wyata Guna.

Risma mengaku rencana pemberian hibah itu sulit direalisasikan. Meski demikian, pemerintah berjanji akan memperbaiki bangunan sekolah tersebut serta menambah ruang kelasnya.

Beberapa guru dan staf penyandang disabilitas menolak tawaran Risma. Menurut Risma, pemberian hibah sulit dilakukan karena lokasinya yang berada di tengah.

Setelah didesak sejumlah staf untuk memenuhi janjinya, Risma akhirnya sujud di kaki salah satu guru tunanetra. Beberapa staf Kementerian Sosial langsung menghampiri berusaha membangunkan Risma.

Menurut Kepala Sekolah SLB Negeri A Pajajaran, Gun Gun Guntara pihaknya sudah memperjuangkan lahan itu sejak lama. Ia mengaku tidak mengetahui penyebab rencana tersebut belum terealisasi.

Padahal lahan itu diperlukan lantaran kondisi infrastruktur sekolah yang rusak.

"Kita kan ingin meningkatkan layanan pendidikan buat anak anak kita. Sejak 1901 belum terjadi pembangunan sampai akibatnya beberapa bangunan rawan roboh," ungkapnya.

Sementara itu, ditemui seusai menyerahkan bantuan, Mensos Risma mengaku sempat menyetujui hibah demi kepentingan pendidikan.

"Sebetulnya, tadi saya mau bicara itu. Oke gedung diperbaiki kan selesai, ruangan ditambah, yang rusak diperbaiki selesai kan, maksud saya ngomong gitu," jelas Risma.

Risma mengatakan anak-anak penyandang disabilitas di Balai Wyata Guna memerlukan pekerjaan, oleh karena itu pihaknya membuat sejumlah sarana penunjang.

"Apa potensinya yang bisa dikembangkan. Mereka harus kita pikirkan sampai mereka bisa mandiri, Mereka kan tidak bisa bergantung kepada orang tuanya terus," ucapnya.

(*)

#TriRismaharini #MenteriSosial #Bandung