Breaking News

Cegah Stunting, Kecamatan Bungtekab Luncurkan Inovasi Dapur Sehat


D'On, PADANG (Sumbar),-
Inisiasi program inovatif dalam pencegahan stunting, Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) meluncurkan dapur sehat nutrisi anak dengan tema “Cegah Stunting Wujudkan Generasi Emas”, Senin (6/2/2023).

Camat Bungus Teluk Kabung Harnoldi menyampaikan program ini mendapatkan dukungan penuh oleh banyak pihak dan kolaborasi antara Kecamatan Bungtekab, Puskesmas Bungus, Kantor Balai Penyuluh KB dan Forkopimcam.

"Inovasi Dapur Sehat Nutrisi Anak dilakukan dengan dua program yaitu pelatihan bagi ibu rumah tangga. Kemudian bantuan stimulus makanan 18 anak stunting Kecamatan Bungtekab yang dibantu oleh Puskesmas Bungus," katanya. 

Ia menyampaikan dari segi preventif, inovasi Bungtekab dalam pencegahan stunting adalah Catin BerADAT (Calon Pengantin Beragama dan Beradat) menuju keluarga sehat. Program ini merupakan pembekalan dan kompetensi bagi Catin ABSSBK oleh KAN Bungus, KAN Teluk Kabung dan Ketua LKAAM Bungtekab, serta pembekalan keagamaan dari KUA.

"Untuk bidang kesehatan sendiri oleh Ahli Gizi Puskesman. Catin diberikan arahan bagaimana mendapatkan makanan bergizi dengan biaya murah dan reproduksi sehat," tuturnya. 

Mewakili masyarakat Bungus Teluk Kabung, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Padang dan Ketua TP PKK Kota Padang. 

Pada kesempatan itu, PLN Teluk Sirih dan Pertamina Teluk Kabung secara simbolis juga memberikan bantuan makanan yang ke depannya diharapkan menjadi Bapak Asuh Anak Stunting. 

(DA / Charlie)


#stunting #Padang