Breaking News

Kuota Pertalite Meledak Tahun Ini, Konsumsi Jadi Dibatasi?


D'On, Jakarta,- 
Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi (BPH Migas) menyampaikan aturan pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite sangat penting untuk segera direalisasikan. Sekalipun kuota untuk BBM jenis tersebut mengalami peningkatan di tahun 2023 ini.

Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan pengaturan pembatasan konsumsi Pertalite ditujukan agar penyaluran BBM subsidi ini dapat lebih tepat sasaran. Dengan demikian, beban negara semakin berkurang.

"Pengaturan konsumsi tujuannya tidak hanya karena memang kuota terbatas tetapi yang lebih penting untuk subsidi tepat sasaran," ujar dia, Senin (16/1/2023).

Menurut Saleh pihaknya juga masih menanti aturan pembatasan Pertalite berupa revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) termasuk juga petunjuk teknis pembelian BBM bersubsidi dan penugasan. "Belum ada update, masih nunggu perpresnya," kata dia.

Seperti diketahui, kuota BBM Pertalite pada 2023 mengalami kenaikan menjadi 32 juta kilo liter (kl) dari perkiraan penyerapan Pertalite pada 2022 yang sebesar 29,48 juta kl.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra.

Mars mengatakan, pihaknya telah memperoleh surat penugasan dari pemerintah untuk menyalurkan BBM Pertalite pada 2023 ini. Seperti diketahui, Pertalite merupakan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Sementara itu, untuk kuota Solar subsidi pada 2023 ini mencapai 16 juta kl. "BBM subsidi sudah ada kuotanya. Untuk minyak Solar sekitar 16 juta kl. Untuk Pertalite ini kan sebetulnya kuotanya kan Pertalite ini JBKP ya, ini volumenya masih dapat penugasan dari pemerintah sekitar 29-32 juta kl," ungkapnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (04/01/2023).

Lebih lanjut, dia mengatakan, kuota BBM subsidi ini akan dievaluasi setiap tiga bulannya. "Kalau kuota ini kan tiap tiga bulan ada review, verifikasi volume dan kita mendapatkan penugasan dari BPH Migas, itu SK-nya tiap triwulan," ucapnya.

(pgr/cnbc)

#BBMPertalite #Pertamina #BPHMigas