Breaking News

Personil Tim SK4 Diserahkan Walikota Padang ke Mako Satpol PP Padang


D'On, Padang (Sumbar),-
Sistim Keamanan Ketertiban Kota (SK4) Kota Padang kini dibawah Komando Satpol PP Linmas Kota Padang.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan personil serta hal-hal pendukung dari Kapala Kesbangpol ke Satpol PP Linmas Kota Padang pada Rabu pagi (14/12) 2022 oleh Walikota Padang.

Penyerahan ini dilakukan dilapangan Pamong Praja yang baru saja diresmikan. 

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pejabat Pemkot Padang serta unsur Frokopinda di Kota Padang. 

Pemindahan Tim SK4 dari Kesbangpol ke Satpol PP Padang didasari oleh PP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satpol PP dan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat serta Pelindungan Masyarakat maka perangkat daerah yang berwenang melaksanakan adalah Satpol PP maka dari itu perlu untuk keselarasan SK4 digabungkan ke Satpol PP Linmas Kota Padang.

Dengan telah digabungkan Tim SK4 dibawah Satlinmas Pol PP Padang tentu diharapakan kedepan Satpol PP semakin aktif untuk menjaga Ketertiban dan Ketentraman di Kota Padang.

Kedepan diharapkan Satpol PP Linmas dalam penegakan Perda dengan telah bergabungnya SK4 tentu Pol PP semakin efektif dalam penerapan Perda-perda yang ada di Kota Padang.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Pasukan Pengerek Bendera Pusaka (Paskibra) Kota Padang yang sebelumya bernaung di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kini dialihkan ke Kesbangpol, hal ini berpedoman kepada PP Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

Sesuai program Paskibraka adalah program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. Pelaksana program Paskibraka adalah badan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembinaan Ideologi Pancasila dalam hal ini adalah Badan/Kantor Kesbangpol.

Walikota juga menjelaskan Paskibraka yang telah menyelesaikan tugas maka akan diangkat menjadi Purnapaskibraka Duta Pancasila. "dan mendapat pembinaan lanjutan untuk melaksanakan tugas sebagai Purnapaskibraka Duta Pancasila," tutup Walikota.

(*)


#SK4 #SatpolPP #Padang