Breaking News

PA 212 Demo 411, Polisi Lakukan Rekayasa Lalin

Ilustrasi Demo 212

D'On, Jakarta,-
Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan melakukan demonstrasi di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Lalu lintas sekitar Istana akan dialihkan.

Para peserta aksi 411 rencananya hari ini (4/11/2022), akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk menunaikan ibadah salat Jumat terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan berjalan ke kawasan Istana Negara.

"Bahwa GNPR bersama seluruh elemen masyarakat akan bersama-sama mengadakan aksi damai, monumental, konstitusional dan dilindungi undang-undang. (Aksi) akbar 411 yang insyaallah akan dilaksanakan pada hari Jumat, 4 November 2022," ujar Habib Muhammad bin Husein Alatas dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (3/11).

Menantu Habib Rizieq Shihab itu juga mengajak masyarakat lain bergabung dalam aksi 411 yang berlangsung besok Jumat (4/11). Menurutnya, aksi 411 besok telah sesuai dengan aturan yang ada.

Sesuai pemberitahuan ke polisi, elemen massa yang akan menghadiri Aksi 411 ini terdiri dari PA 212, Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR), Front Persaudaraan Islam, IKB UI, pejabat, 411, Juklak, FMS, GBN, KPIB, ARM, dan Bang Japar. Diperkirakan massa sekitar 750 orang.

Karena itu, Direktorat lantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana. Berikut pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara:

1) Arus lalin dari arah HI menuju Jl Merdeka Barat dialihkan ke Jl Kebon Sirih
2) Arus lalin dari arah Kebon Sirih menuju Patung Kuda diluruskan ke arah Tugu Tani
3) Arus lalin dari Jl Ridwan Rais menuju Jl Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jl Medan Merdeka Timur
4) Arus lalin dari arah Jl Hayam Wuruk menuju Jl Majapahit/Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Juanda atau ke Jl Suryopranoto

5) Jl Abdul Muis menuju Jl Gajah Mada dialihkan ke Jl Tanah Abang Satu
6) Jl Veteran I, II, III ditutup
7) Jl Medan Merdeka Timur menuju Jl Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira

Ribuan Polisi Kawal Aksi 411

Sementara itu, Polda Metro juga menurunkan ribuan personel untuk mengamankan aksi ini. Sebanyak 3.790 personel akan diturunkan.

Alasan ribuan polisi diturunkan karena selain Aksi 411, elemen buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar demo di Patung Kuda di hari yang sama. Perkiraan peserta aksi 1.000 orang dengan tuntutan tolak pembatalan upah menggunakan PP Nomor 36 dan naikkan upah minimum tahun 2023.

"Berkaitan dengan adanya aksi massa tersebut, Polda Metro Jaya menyiapkan 3.790 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangan, Kamis (3/11).

(zap/dek)

#PA212 #Demo411 #Demo