Breaking News

Mahasiswa KKN_T Kelompok 47 UNES Padang Lakukan Pembinaan kepada Pelaku UMKM di Kelurahan Lambung Bukit Pauh

D'On, Padang (Sumbar),- Mahasiswa Universitas Ekasakti  (UNES) dari berbagai program studi sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun 2022 dengan dosen pembimbing lapangan yaitu Roby Hadi Putra,S.AP, M.A.P. di Kelurahan Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang.


Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN_T)  Universitas Ekasakti pada tahun ini bertema “KKN Tematik Membangun Desa”. Dalam kegiatan dengan UMKM Mahasiswa KKN Kelompok 47 Melaksnakaan Pendampingan Merek dan Kemasan.

Dengan program kerja tersebut yang bertujuan untuk mempermudah pelaku UMKM yang ada di Kelurahan Lambung Bukit sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat luas dan dapat mudah meningkatkan kualitas produk untuk mempermudah pelaku UMKM dalam segi kemasan dan Merek

“Kami selaku Mahasiswa berharap dengan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN_T) selama 1 Bulan Penuh ini UMKM Di Kelurahan yang sudah ada bisa berkembang dan lebih di kenal khusus nya di Kota Padang," ujar Aprillo Syamsa Ketua Panitia Kegiatan.

Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini kami mengambil UMKM Kripik/Peyek Usaha Bundo, usaha ini dirintis oleh Ibu Yusmawati, disamping itu ada juga UMKM yang bergerak dibidang Usaha Bawang Goreng yang dirintis oleh Ibu Reni, dan Juga ada juga aneka Kue oleh Ibu Vivi Ifanda, kegiatan Ini sangat direspon baik oleh para pelaku Usaha UMKM di Kelurahan Lambuang Bukik.

“UMKM adalah kegiatan bisnis yang dijalankan oleh individu, Rumah Tangga atau Badan usaha berukuran, kecil. Jenis usaha ini, khusunya UMKM Kuliner, terjangkau untuk dimulai sebagai usaha dari turun temurun untuk memenuhi kebutuhan finansial,” ujar Ibu Reni dikutip Sabtu , (20/08/2022).

Produk kuliner atau makanan merupakan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari sehingga akan selalu ada permintaan dari makanan.

Hal ini menghasilkan peluang bisnis kuliner yang sangat potensial. UMKM di bidang kuliner dapat dimulai dengan modal uang yang kecil, Bahkan modal nya dibawah dari Rp 1.000.000.

“Bagi UMKM Ibu...  ini mengalami kendala dari Packeging nya. Tips nya adalah harus melakukan inovasi”. Sebut Lastri Devi yang juga mahasiswa KKN Kelompok 47 Lambung Bukik.

Inovasi yang dimaksud tidak harus membutuhkan dana yang besar, bahkan bisa dilakukan hanya dengan mengamati apa yang kira-kira dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat sebagai makanan yang menarik untuk dibeli.

Pelaku UMKM kuliner yang saat ini harus pintar-pintar menemukan kebutuhan pasar yang sesuai dengan kondisi.

Misalnya jika saat ini masyarakat sangat peduli dengan Kesehatan, maka pelaku UMKM bisa menciptakan makanan yang enak namun juga memiliki kandungan bahan yang nilainya gizi yang baik,” ujar Tania Mahasiswa KKN_T Kelompok 47 Prodi Manajemen Unes.

Kegiatan pembinaan dan pendampingan ini dilakukan oleh Mahasiswa sebagai bentuk program kerjanya masing masing, kegiatan ini digagas oleh Tania Adma Saputri, Defriando,  Aprrilio Syamsa, Listrik Devi,Muhammad Yudi Febriansyah,M Almi Dwi Syahputra dan Ahmad Maulana, Agus Lubis dan Akmal 

Dalam kegiatan pembinaan UMKM Tersebut juga menghadirkan Dosen Pembimbing Lapangan KKN-T Kelompok 47 Universitas Ekasakti Roby Hadi Putra,S.AP, M.A.P, kegiatan seperti sangat baik demi meningkatkan semangat dan inovasi bagi UMKM apalagi pasca Covid 19 UMKM kembali menggeliat kembali, demi peningkatan ekonomi khususnya di Kota Padang, dengan adanya Program Kerja Mahasiswa KKN_T 47 Unes ini tentu ini bisa bermanfaat bagi masyrakat di Kelurahan Lambung Bukit, ujar Dosen FISIPOL Universitas Ekasakti Padang itu.


(*)


#KKNMahasiswa #Unes #Padang #Sumbar