Breaking News

Tradisi Urak Balabek, Puluhan Pandeka Silek Diarak dari Pauh Menuju Kuranji

D'On, Padang (Sumbar),- Pagelaran anak nagari Pauh IX Kuranji, Urak Balabek dalam arak para pandeka yang merupakan rangkaian acara yang digelar IPSI Kota Padang dilepas secara resmi oleh Ketua KAN Pauh V.

Urak Balabek dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Arfian, mendapatkan apresiasi oleh Duo Datuak Nagari Pauh IX, M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M. Pd dan Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH, MM yang diadakan di singasana Medan nan bapaneh Kantor KAN Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (27/020/2020).

Ratusan pandeka (Pendekar) silat Pauh IX, Kecamatan Kuranji diarak menumpang bendi. Prosesi ini merupakan rangkaian tradisi Urak Balabek, yaitu malewakan (pengukuhan) guru silek (silat) daerah ini.

Pada kesempatan itu, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM didampingi M. Fikar Dt. Rajo Magek, S. Ag, MM, M.Pd mengatakan, acara Urak Balabek merupakan bagian dari pelestarian Nilai - nilai adat dan budaya si Ampek Baleh, yaitu Pauh V dan Pauh IX, paparnya.

Ia menjelaskan, acara ini merupakan acara sosial penerapan dalam masyarakat sebagai pranata hukum adat yang ada tapian yang ada dinagari. " Nah, dengan adanya tapian maka adanya sasaran. Maka, sasaran inilah sebagai wadah latihan anak nagari, anak kemanakan untuk belajar beladiri silek dan diisi kegaiatan anak nagari ke arah posisitf," tuturnya.

M. Fikar Datuk Rajo Magek menambahkan, urak balabek tempatnya mereka di dahulukan selangkah, ditingikan sarantiang dan dalam pengakuan guru tuo silek yang profesional dalam hal pengakuan dirinya terhadap sasaran tapian-tapian yang ada. Maka dari itu, kami sangat mendukung dan mengapresiasi acara urak balabek ini, dan didukung penuh oleh DPRD Padang dan Sumbar juga Pemerintah Kota Padang, ujarnya.

"Tentunya ini sebagai bukti bahwa, dinagari tersebut ada berpenghuni dan mambangkik batang tarandam," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan urak balabek ini, seluruh generasi muda nagari bisa belajar banyak dan menjauhkan dari Hal - hal negatif. Tentunya dengan dukungan oleh semua pihak, baik masyarakat nagari maupun pemerintahan Kota Padang sendiri, harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian juga mengatakan, acara Urak Balabek merupakan bagian dari pelestarian nilai-nilai adat dan budaya si Ampek Baleh, yaitu Pauh V dan Pauh IX.

“Kegiatan Urak Balabek ini merupakan tradisi anak nagari Pauh IX, yang terdiri dari sembilan tapian. Kesempatan ini juga dalam rangka melestarikan Nilai - nilai tradisi dan budaya,” katanya.

Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif mengatakan, arak-arakan bendi-bendi mengambil start di halaman kantor KAN Pauh V.

Selanjutnya, arak-arakan akan melewati jembatan Lambuang Bukik terus ke Simpang Kuranji, berbelok ke Belimbing melewati Gunung Sarik, balai baru terus ke Bypass menuju kantor KAN Pauh IX.

“Nanti di kantor KAN Pauh IX akan disambut oleh Ketua MPA KAN Pauh IX dan ninik mamak se Pauh IX,” pangkasnya.

(MC IB)