Ini Kata Polri, Terkait Hasil Pemeriksaan Putri Candrawathi Gunakan Lie Detector

D'On, Jakarta,- Tim khusus Polri telah melakukan pemeriksaan kepada tersangka Putri Candrawathi dan saksi Susi yang merupakan asisten rumah tangga (ART) Putri dan Ferdy Sambo dengan menggunakan lie detector atau pendeteksi kebohongan. Akan tetapi, hingga saat ini hasil tersebut belum diungkapkan ke publik.


Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengungkapkan, hasil pemeriksaan itu merupakan langkah pro justitia atau demi keadilan secara hukum.

"Untuk hasil lie detector atau poligraf yang sudah dilakukan PC (Putri Candrawathi) kemarin dan juga saudari Susi, sama hasil poligraf setelah saya berkomunikasi dengan Puslabfor dan juga operator poligraf bahwa hasil poligraf atau lie detector itu adalah pro justitia. Itu juga konsumnya penyidik," kata Dedi kepada wartawan di gedung TNCC Mabes Polri, Rabu (7/9/2022).

Dikatakan Dedi, terkait uji kejujuran tersebut pihaknya menggunakan alat lie detector dengan tingkat akurasi sebesar 93 persen.

"Alat yang kita punya ini alat dari Amerika tahun 2019 dan tingkat akurasinya 93%. Dengan tingkat akurasi 93 persen itu pro Justitia. kalau di bawah 90 persen itu tidak masuk dalam ranah pro justitia," ucapnya.

Lebih lanjut Dedi mengungkapkan, apabila ranah pro justitia maka hasilnya penyidik yang berhak mengungkapkan termasuk nanti penyidik akan mengungkap di persidangan.

"Penyidik yang berhak mengungkapkan ke teman-teman, termasuk nanti penyidik juga mengungkapkan ke persidangan karena poligraf tersebut bisa masuk dalam satu alat bukti," tutur Dedi.

Sebelumnya, tim khusus Polri kembali memeriksa tersangka Putri Candrawathi dan saksi Susi yang merupakan ART Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo. Pemeriksaan menggunakan lie detector.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Brigjen Andi Rian mengatakan, pemeriksaan kali ini dengan menggunakan lie detector atau pendeteksi kebohongan.

"PC dan saksi Susi (pemeriksaan lie detector hari ini)," kata Andi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (6/9/2022).

Dikatakan Andi, Putri dan Susi rencananya akan diperiksa di Puslabfor Bareskrim Sentul, Bogor, Jawa Barat. Akan tetapi, ia tidak memerinci pukul berapa keduanya akan diperiksa.

"Iya (di Puslabfor Sentul)," ucapnya.


Sumber: BeritaSatu

#PutriCandrawathi #FerdySambo #PembunuhanBrigadirJ #Viral #BrigadirJ

Powered by Blogger.