Breaking News

Tutup Saluran Irigasi Personil Satpol PP Bongkar Lapak PKL Nakal

D'On, Padang (Sumbar),- Kembali Satpol PP Padang tertibkan puluhan PKL yang berjualan menempati sisi jalan  didepan Kampus UPI, Jalan Raya Padang – Indarung, Padang, Sumatera Barat Jum'at. (29/10/21).


Bangunan liar yang sengaja didirikan Pedagang Kaki Lima yang menutupi saluran irigasi sebagai tempat berjualan terpaksa dibongkar petugas, sebelum melakukan penertiban para PKL ini telah disurati oleh pihak Kelurahan maupun pihak Kecamatan. 

Dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, tentu ini perlu ditertibkan, selain menganggu akses jalan yang menimbulkan kemacetan karena banyaknya kendaraan yang berhenti untuk berbelanja, Keberadaan PKL tersebut bisa membuat debet air naik ke jalan ketika hujan dikarenakan banyaknya sampah yang dibuang ke dalam saluran irigasi. 

Kabid Penegak Peraturan Perundang Daerah P3D  Bambang Suprianto didampingi Kabid Ketertiban Umum Edrian Edwar, mengatakan para PKL ini telah disurati bahkan lokasi ini juga sudah pernah ditertibkan, namun kembali mereka membangun lapak untuk berdagang, ini telah melanggar Ketertiban Umum sesuai perda Nomor 11 tahun 2005, maka perlu dilakukan upaya penertiban.

“Penertiban kepada pedagang ini telah dilakukan secara persuasif dengan memberikan surat teguran dan surat peringatan perintah bongkar,” ujar bambang

Sementara itu, didalam operasi penertiban ini Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Padang, Edrian Edwar mengatakan bahwa dalam rangka menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat kota Padang Satpol PP terus aktif melakukan pengawasan sekaligus penindakan terhadap para pelanggar yang menempati fasilitas umum, namun dalam penertiban Satpol PP melakukan tindakan secara persuasif. 

“Hari ini kita lakukan penertiban sesuai SOP yang dilakukan secara persuasif,"Jelas Edrian Edwar.

(*)