Breaking News

WNA Meninggal Dalam Pesawat, 14 Kru Garuda Dikarantina di RSKI Galang


D'On, Batam (Kepri),- Sebanyak 14 kru pesawat Maskapai Garuda Indonesia dikarantina di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang setelah satu Warga Negara Asing (WNA) meninggal dunia di dalam pesawat.

Sebelumnya, pesawat itu hendak menuju ke India. Namun di tengah jalan ada seorang penumpang yang meninggal mendadak. Akhirnya pesawat milik Maskapai Garuda Indonesia itu mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, untuk pertukaran kru pesawat.

Ketua Umum Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan semua pramugari maskapai Garuda Indonesia dikarantina di RSKI Galang.

"Singgah di sini (Batam) jadi ada satu penumpangnya meninggal dites dia tidak positif tapi semua pramugari dan pilotnya diturunkan, diganti pilot dan pramugari baru 14 orang dikirim ke RSKI Galang," katanya, Rabu (1/7).

Menurut Rudi, sesuai protokol kesehatan, setelah bepergian ke luar negeri kru pesawat harus menjalani karantina dan tes swab. Kemudian setelah mengikuti swab dan hasilnya negatif kru baru diperbolehkan pulang.

"Hari ini sudah diswab semuanya negatif, karena satu meninggal dan gabung sama penumpang maka dia tidak boleh jalan lagi. Jadi hari ini sudah dua hari tinggal di RSKI Galang, " kata Rudi di Panggung Engku Putri.

Penjelasan Dinkes Kota Batam

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam yang juga anggota Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmardjadi mengatakan 14 kru Garuda Indonesia yang terdiri dari pilot dan pramugari tidak harus menjalani karantina selama 14 hari jika tes swab berulangnya negatif.

"Mereka boleh pulang kalau berapa kali tes negatif, " Kata Didi dilansir dari Liputan6.com, Rabu siang.

Didi mengaku mendapat kabar dari Pangkalan TNI AU Bandara Hang Nadim Batam, pukul 02.00 WIB, Senin (29/6), bahwa ada pesawat carter Garuda dengan kapasitas 100 orang dengan rute Medan-Fiji-India mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam karena ada penumpang WNA meninggal dunia dalam pesawat.

Setelah mendarat, kemudian tim mengevakuasi dan melakukan tes terhadap WNA yang meninggal dunia dan 14 kru pesawat.

"Yang WNA hasil swabnya negatif, untuk kru pesawat ditukar untuk melanjutkan perjalanan," ucap Didi.

Sumber: Liputan6.com