Miris! Israel Kini Ubah Masjid Jadi Bar dan Aula Pesta

D'On, Israel,- Kabar mengejutkan datang dari negara Timur Tengah, Israel. Israel dikabarkan mengubah bangunan bersejarah Palestina yang berdiri sejak abad ke-13 di Safed, Masjid Al-Ahmar menjadi sebuah bar sejak 2019 lalu yang kewenangannya sejak tahun 1948 ada pada otoritas Israel.

Dilansir dari Pikiranrakyat dan Gulf News, salah seorang sejarawan setempat, Dr. Mustafa Abbasi membeberkan secara rinci sejarah masjid tersebut.

"Masjid Al-Ahmar dibangun pada tahun 1276. Masjid ini memiliki nilai historis dan arsitektur yang langka. Masjid ini digunakan untuk berbagai hal, tetapi bukan sebagai ruang sholat bagi umat Islam," ungkapnya.

Disebutkan juga, bahwa masjid ini diubah menjadi bar dan aula pesta pernikahan oleh perusahaan yang berafiliasi dengan pemerintah Israel, setelah sebelumnya sempat digunakan sebagai gudang pakaian.

Sebuah surat kabar Al-Quds-Al-Arabi mengatakan bangunan ini pernah menjadi sekolah dan pusat kampanye pemilu partai.

Sementara itu, Sekretaris Safed and Tiberias Islamic, Khair Tabari mengatakan, ia telah mengajukan gugatan untuk meminta fungsinya dikembalikan menjadi masjid dan hingga saat ini masih menunggu keputusan pengadilan Nazareth.

"Saya telah menyerahkan dokumen untuk membuktikan kepemilikan umat Islam atas masjid tersebut," ujarnya.

Tabari juga bilang perubahan fungsi masjid tersebut membuatnya terbuka untuk digunakan oleh semua orang, kecuali umat Islam. Oleh karena itu, Ia menyerukan berbagai lembaga politik untuk meningkatkan kerja sama dalam rangka menyelamatkan bangunan masjid dari penyalahgunaan.

Wilayah Safed sendiri merupakan daerah yang pernah dihuni oleh 12 ribu warga Palestina yang kemudian diusir dari rumah mereka oleh pemerintah Israel pada 1948.

(LJC/gulfnews)

No comments

Powered by Blogger.