BMKG: Musim Hujan Akan Terjadi Mulai November

D'On, Jakarta,- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggelar keterangan pers mengenai potensi cuaca ekstrem pada masa pancaroba yang terjadi di Indonesia, bertempat di Gedung C, Kantor BMKG, Jakarta, Kamis (31/10).

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati memperkiraan pada awal atau pertengahan bulan November 2019 Indonesia akan memasuki musim hujan. Musim hujan ini juga diperkirakan akan berlangsung hingga bulan Maret 2020.

"Musim kemarau diprediksi akan masuk di bulan April atau Mei, karena terjadinya musim di Indonesia itu tidak bisa serentak begitu luasnya wilayah Indonesia. Maka sebagian wilayah kemungkinan nanti akan masih hujan, tapi wilayah lainnya mulai kemarau," kata Dwikorita, Kamis (31/10).

Dwikorita menyebutkan perkiraan puncak musim hujan di Indonesia akan terjadi di bulan Januari dan Februari. "Dan puncak ini diperkirakan lebih basah daripada rata-rata normalnya," jelasnya.

Ia mengatakan BMKG menginformasikan hal ini lebih awal, untuk mengimbau kepada masyarakat agar dapat mengantisipasi cuaca saat bulan-bulan tersebut.

"Kalau kita tidak mengantisipasi, maka bencana alam seperti longsor, banjir bandang, dan bencana lainnya akan terulang seperti tahun-tahun sebelumnya, kalau kita tidak cukup mengantisipasi," tutur Dwikorita.

(BMKG)

No comments

Powered by Blogger.