10 Makanan Ini Dapat Hindari Penyakit di Musim Pancaroba


D'On, Bandung,- Kondisi cuaca saat ini memasuki musim penghujan, beberapa daerah di Indonesia dengan mengalami perubahan cuaca. Sudah beberapa bulan wilayah Indonesia mengalami cuaca yang cukup panas, kini musim mulai berganti. Hujan mulai turun meskipun tidak setiap hari.

Akibat perubahan cuaca atau yang sering disebut dengan musim pancaroba, banyak orang yang jatuh sakit. Sebut saja batuk, flu, pilek menjadi penyakit umum yang menyerang saat pancaroba.

Hal ini disebabkan karena saat suhu turun udara dingin membuat sel tubuh yang berfungsi mendeteksi virus menjadi 'kaku' dan tidak bekerja optimal. Maka sel tubuh akan melemah dan tak mampu melawan bakteri atau virus.

Nah, untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima meskipun dalam musim pancaroba, 10 makanan ini bakal berguna banget. Ulasan lengkapnya di bawah ini, ya.

1. Jeruk dan Lemon Sebagai Makanan Penjaga Sistem Imun Terbaik

Jeruk dan lemon masih dalam satu keluarga. Kalian pasti sudah mengetahui bahwa buah ini merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin tersebut rupanya dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi melawan beragam infeksi.
Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan mempercepat penyembuhan penyakit lainnya. Kandungan serat, kalium, magenesium dan kalsium dalam buah jeruk juga penting, lho. Kandungan itu dapat memperkuat tulang, otot dan membantu mengelola sistem saraf.

2. Konsumsi Bayam untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Bayam juga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sayuran hijau ini memiliki kandungan folat tinggi yang sangat baik untuk pencegahan kerusakan DNA dan juga pembuluh darah. Nah, hal ini tentunya berdampak juga pada kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi bayam, produksi sel baru juga dapat meningkat karena vitamin C yang berperan sebagai antioksidan di dalamnya. Selain itu, bayam juga memiliki serat tinggi yang akan memperlancar pencernaan kalian.

3. Bawang Putih untuk Baik untuk Kekebalan Tubuh

Bawang putih mungkin bukan bumbu dapur favorit sebagian orang karena rasa dan baunya yang tidak enak jika disantap mentah. Namun, tahukah kalian bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan kekebalan tubuh? Hal tersebut dikarenakan bahan dapur ini memiliki zat antioksidan dan alicin.
Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berguna untuk mengatasi bakteri dan virus yang menyerang. Rutin mengonsumsi bawang putih mentah dapat menghilangkan bakteri jahat dalam tubuh. Jika tak suka mentah kalian dapat memasukkannya sebagai bahan makanan.

4. Jahe Menjadi Teman yang Baik saat Tubuh Tidak Fit

Ketika cuaca berubah dari panas menjadi dingin, jahe bakal jadi minuman yang tepat untuk menemani santai sore kalian. Seperti diketahui, jahe telah lama digunakan untuk menghangatkan tubuh.
Tak hanya memberi kehangatan pada tubuh, jahe juga ampuh untuk meningkatkan ketahanan tubuh dengan vitamin C, betakaroten dan capsaicin di dalamnya. Jahe juga dapat membersihkan berbagai organ tubuh seperti paru-paru dan juga pernapasan.

5. Telur, Enak dan Bermanfaat untuk Imunitas

Telur adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Telur juga memiliki vitamin B-kompleks dan D yang memang baik untuk memperlancar aliran darah sekaligus membasmi penyakit. Jadi, konsumsi telur untuk tetap sehat di musim pancaroba ya. Kalian bisa mengolahnya dengan digoreng atau direbus.

6. Manfaat Brokoli Sebagai Penjaga Kekebalan Tubuh

Banyak orang yang tidak menyukai brokoli. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Padahal brokoli mengandung vitamin C, vitamin S serta glutathione yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut akan melindungi tubuh dari segala kerusakan sel.

7. Jamur Bermanfaat untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Seperti diketahui, sel darah putih memegang peran yang penting dalam kekebalan tubuh. Nah, jamur rupanya turut berperan dalam proses pembentukan sel darah putih pada tubuh. Selain itu, jamur kaya akan zinc dan beragam nutrisi lainnya yang mendukung kekebalan tubuh.

8. Semangka Baik untuk Imunitas

Semangka merupakan buah tropis yang banyak digemari. Buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu terdapat glutahione serta antioksidan yang bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C di dalam semangka juga sudah cukup untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

9. Madu dapat Mempertahankan Kekebalan Tubuh

Madu dikenal memiliki manfaat yang beragam. Bahan alami ini mengandung nutrisi yang dipercaya mampu membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Selain itu, madu dapat membantu menurunkan berat badan dengan mudah, mencegah alergi dan membuat sistem pencernaan lebih sehat. Kalian bisa menyeduhnya dengan segelas air hangat atau dicampur dengan air rebusan jahe.

10. Jaga Tubuh Terhidrasi dengan Air Mineral

Untuk membuang racun dan bakteri jahat di dalam tubuh, kalian wajib menjaganya tetap terhidrasi. Jadi, kalian harus rajin mengonsumsi air mineral. Selain itu, saluran pernapasan juga bisa lancar, lho. Anjuran untuk mengonsumsi air mineral per hari adalah 8 hingga 20 gelas.

#dinda
Dari berbagai sumber

No comments

Powered by Blogger.